LSI Denny JA: 44,6 Persen Pemilih PPP Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI-Denny JA) Adjie Alfaraby.
Sumber :
  • Anwar Sadat

JakartaSurvei LSI Denny JA menemukan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi salah satu yang memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024 mendatang. Sehingga, Prabowo-Gibran unggul di lima pemilih partai.

Sindir Keras Omongan Qodari, AMPI: Datanya Sangat Jauh dengan Hasil Riil

Survei dilakukan secara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 persen yang dilakukan pada 17-23 Desember 2023.

Plt Ketum PPP Mardiono menghadiri konsolidasi bacaleg dan kader se-Gorontalo

Photo :
  • Istimewa
MK Tolak Gugatan PPP soal Suara di Pileg Pindah ke Partai Garuda

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

“Dari kategori pemilih partai politik, Prabowo–Gibran unggul di lima pemilih partai yaitu Gerindra (dukungan pemilih Gerindra sebesar 87.3%), Golkar (60.6%), PAN (62.3%), PPP (44.6%), Demokrat (31.6%),” kata Direktur KCI LSI Denny JA, Adjie Al Faraby melalui keterangannya pada Jumat, 29 Desember 2023.

Ramalan Hard Gumay 2024: Pemerintah Prabowo - Gibran Hati-Hati, Kenapa?

Sementara, kata dia, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor 1, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar itu unggul di tiga pemilih partai yaitu PKS (69.9%), PKB (50.9%), dan Nasdem (66.8%). “Ganjar–Mahfud unggul di satu pemilih partai yaitu PDI Perjuangan dengan dukungan di pemilih PDIP sebesar 68.5%,” ujarnya.

Sedangkan, Adjie mengatakan Prabowo–Gibran juga unggul di enam suku yaitu Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Madura, Batak, dan suku lainnya. Anies–Muhaimin unggul di dua suku yaitu Minang, dan Betawi.

“Di suku Jawa ini sebagai contoh, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 39%; Ganjar-Mahfud 35.3%, dan Anies-Muhaimin 16.2%. Data detil mengenai dukungan suku bisa di lihat di bahan paparan,” ungkapnya. 

Dari kategori wilayah, kata Adjie, Prabowo–Gibran unggul di lima wilayah yaitu Sumatera (40.3%), Jawa (40.2%), Kalimantan (46.9%), Sulawesi (73.3%), dan Maluku – Papua (55.4%)

“Ganjar-Mahfud unggul di Bali-NTB-NTT dengan dukungan sebesar 49.6%. Dari tiga provinsi terbesar (Jawa Barat, Jawa Tengah+DIY, dan Jawa Timur), Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat dan Jawa Timur. Jawa Tengah+DIY yang unggul Ganjar-Mahfud,” jelas dia.

Dari kategori jenis kelamin, Adjie mengatakan Prabowo–Gibran unggul di segmen laki-laki dan segmen perempuan, dengan keunggulan tertinggi ada di segmen perempuan. Elektabilitas Prabowo – Gibran di segmen laki-laki sebesar 42.9%, Prabowo–Gibran di segmen perempuan sebesar 43.8%.

Eks Ketum AMK Deklarasi Forum PPP Pendukung Prabowo-Gibran

Photo :
  • Dok.Istimewa

Dari kategori pemeluk agama, Prabowo–Gibran unggul di pemeluk agama Islam dengan elektabilitas sebesar 43.6%. Pemeluk agama non-Islam elektabilitas terbesar di raih Ganjar–Mahfud dengan elektabilitas sebesar 50.1%. “Segmen usia 30 tahun kebawah elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 59.3%. Elektabilitas Anies–Muhaimin sebesar 19.7%. Elektabilitas Ganjar–Mahfud sebesar 13.7%,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya