Survei ICRC Elektabilitas 4,6 Persen, Perindo Diprediksi Lolos ke Senayan di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo
Sumber :
  • Perindo

Jakarta – Partai Perindo, menjadi partai yang diprediksi bakal ikut melenggang ke DPR RI hasil Pemilu 2024. Hal itu berdasarkan survei terbaru dari Ide Cipta Research and Consulting atau ICRC.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Dalam dilis hasil riset ICRC bertajuk ‘Peta Politik Akhir Tahun 2023’, Perindo yang dipimpin Hary Tanoesoedibjo itu disebut meraih elektabilitas 4,6 persen. 

Dengan begitu, partai yang ikut mendukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 itu, bisa meleweati ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold/ PT) 4 persen yang disyaratkan untuk masuk ke DPR RI pada pemilu kali ini.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

“Partai Perindo masih menjadi kandidat kuat partai non-parlemen yang berpotensi lolos parliamentary threshold,” kata Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, dikutip Selasa 2 Januari 2024.

Perindo saat ini adalah partai non-parlemen. Survei ICRC menyebut Perindo yang paling berpeluang lolos. Hal ini karena mereka konsisten dengan kampanye yang dilakukan sejak awal.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

"Partai Perindo masih terlihat konsisten dengan beberapa kampanyenya," katanya.

Dia membandingkan hasil rilis survei mereka pada November 2023 dengan hasil Desember. Partai nomor urut 16 di Pemilu 2024 itu, mengalami kenaikan elektabilitas.

Lanjut dia, pemilih melihat infrastruktur Partai Perindo sudah bisa dilihat oleh pemilih. Sehingga menampilkan citra publik yang positif terhadap partai tersebut.

"Kenaikan adalah hal yang wajar mengingat semua mesin partai sudah bergerak," jelas Hadi.

Elektabilitas Perindo juga mengungguli partai yang sudah ada di parlemen seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang meraih elektabilitas 4,3 persen.

“Kalau dulu (November 2023) ada dua partai non-parlemen, yaitu PSI dan Partai Perindo, tetapi PSI terlihat stagnan,” katanya.

Sedangkan PDIP, menurut ICRC ini masih ada di posisi tertinggi dengan elektabilitas mencapai 19,1 persen.

Terhadap hasil survei tersebut, Sekjen Partai Perindo, Ahmad Rofiq, menegaskan bahwa hasil ini bagian dari bukti kerja mereka selama ini. Kerja tersebut, kata mantan Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau IMM itu, sudah bisa diterima masyarakat.

"Pencapaian hasil survei ini tentu akan membuat Perindo akan semakin masif dalam sisa waktu ini," ujarnya.

Rofiq juga semakin optimistis, bahwa dengan konsistensi Partai Perindo dalam memperjuangkan UMKM, membuat mereka semakin diterima masyarakat luas. 

"Rakyat butuh hal-hal konkrit yang bisa dirasakan secara langsung, bukan hanya sekadar wacana di atas kertas," jelas Rofiq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya