Tidak Setuju Bansos Dihentikan, PAN Justru Dorong Ditingkatkan

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Partai Amanat Nasional atau PAN, tidak sependapat dengan usulan kalau bantuan sosial atau bansos, dihentikan. Karena ini adalah program kerakyatan yang sudah berjalan bagus di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. PAN bahkan mendorong ditingkatkan, karena program ini sangat dibutuhkan masyarakat.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

"Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong agar pemerintah tetap meneruskan, bahkan meningkatkan program-program kerakyatan seperti yang sudah berjalan selama ini," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 2 Januari 2024.

Menurut Saleh, program kerakyatan seperti bansos, BLT El Nino, dan penyerahan sertifikat tanah merupakan program yang telah berjalan sejak lama, melengkapi bansos lain seperti PKH (Program Keluarga Harapan), KIS (Kartu Indonesia Sehat), KIP (Kartu Indonesia Pintar), bantuan modal usaha, serta bantuan lansia yang telah menjangkau puluhan juta rakyat Indonesia.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Saleh menyebut rangkaian program itu telah menjadi program unggulan pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Dimaksudkan sebagai jaring pengaman sosial yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Jokowi itu tidak hanya berhasil dalam pembangunan infrastruktur, tetapi juga sangat peduli dengan ketahanan sosial. Oleh karena itu, bansos dengan segala perinciannya harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan," kata Saleh.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Ikut Lanjutkan? 

Dengan beragam manfaat yang dihadirkan dari program tersebut, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran, itu mengusulkan agar bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat makin diperluas dengan jumlah dan penerima yang lebih banyak.

Selain membantu masyarakat di tengah kesulitan ekonomi saat ini, penyaluran bansos dijamin oleh konstitusi yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat kehidupan yang layak bagi kemanusiaan.

"PAN tentu menilai sangat aneh jika ada beberapa pihak yang ingin menghentikan sementara bansos dan jaring pengaman sosial ini. Padahal, semua menyadari bahwa bantuan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat," kata Saleh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya