Publik Anggap Gibran Paling Baik Jawab Pertanyaan saat Debat, Menurut Polling Institute

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Masyarakat menilai penampilan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka paling baik di antara dua pasangan cawapres lainnya. Gibran dinilai tampil sangat meyakinkan dalam debat cawapres tersebut.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Berdasarkan hasil survei Polling Institute, sebanyak 48,9 persen masyarakat menilai penampilan Gibran sangat meyakinkan. Sementara di urutan kedua ada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dengan skor 30,4 persen. Urutan ketiga cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan angka 16,9 persen.

"Selain itu, sebanyak 54,6 persen menilai Gibran tampil baik. Baru Mahfud (25,3 persen) dan Muhaimin (16 persen)," kata peneliti Polling Institute Kennedy Muslim dalam paparannya secara daring, Rabu, 3 Januari 2024.

Masuk Bursa Cagub Jawa Tengah, Hendi Mengaku Belum Ada Komunikasi dengan PDIP

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, masyarakat juga menilai Gibran memiliki program kerja yang baik di antara dua kandidat cawapres lainnya. Sebanyak 49,7 persen menilai program kerja yang disampaikan Gibran lebih baik dibanding Mahfud MD yang hanya 20,3 persen, serta Cak Imin di angka 18,2 persen.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

"Kami juga menanyakan siapa yang paling bagus dalam menjawab pertanyaan. Sebanyak 50,1 persen menyatakan Gibran, baru Mahfud (27,7 persen) lalu Muhaimin (18,3 persen)," katanya.

Survei dilakukan pada periode 26 hingga 28 Desember 2024. Metode yang digunakan ialah kombinasi random digit dialing (RDD) sebanyak 280 responden dan double sampling (DS) sebanyak 966 responden dengan total 1.246 responden.

RDD merupakan proses pembangkitan nomor telepon secara acak, sementara DS adalah pengambilan sampel secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan.

Muhaimin Iskandar Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sasaran populasi survei ini yaitu warga negara Indonesia berusia 17 tahun atau lebih dan memiliki telepon genggam. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya