Pentolan Relawan Bangga Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu: Negarawan, Tunduk Terhadap Aturan

Gibran Rakabuming Raka saat debat perdana cawapres di JCC, Senayan, Jumat, 22 Desember 2023.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon wakil presiden atau cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka memenuhi panggilan Bawaslu Jakarta Pusat terkait dugaan pelanggaran kampanye dengan membagikan susu di kawasan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Gibran sudah mengakui aksi bagi-bagi susunya itu tak dilandasi oleh kepentingan politiknya.

Banyak Tumpukan Sampah Usai Nobar Timnas, Gibran Minta Pecinta Bola Tertib

Barisan pendukung Gibran pun pasang badan beri pembelaan. Sekertaris Jenderal (Sekjen) Relawan Pemuda Teman Gibran alias Paten, Achmad Munsharif mengatakan sikap Wali Kota Solo itu bukanlah hal yang termasuk pelanggaran dalam pemilu.

"Mas Gibran hadir sebagai rakyat untuk mengikuti CFD. Dan, bukan dalam rangka kampanye karena tidak membawa alat peraga kampanye maupun atribut kampanye. Sehingga hal ini gak perlu dipermasalahkan," ujar Munsharif kepada wartawan, Rabu 3 Januari 2024.

Siap Dukung Program Prabowo-Gibran, Partai Buruh Pertimbangkan Deklarasi Resmi

Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka kampanye di Manado

Photo :
  • ist

Munsharif malah mengapresiasi Gibran lantaran bisa beraktivitas hingga bercengkrama dengan masyarakat saat CFD.

Hakim PN Solo Tolak Semua Gugatan Almas kepada Gibran

"Justru, saya mengapresiasi mas Gibran karena sambil beraktivitas dan bercengkrama dengan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa mas Gibran dekat dengan masyarakat," lanjutnya.

Pun, Relawan Paten juga turut beri apresiasi kepada Gibran. Sebab, Gibran sudah mau penuhi panggilan Bawaslu Jakarta Pusat.

"Hadirnya mas Gibran menunjukkan kapasitasnya sebagai negarawan yang patuh dan tunduk terhadap peraturan," ujarnya.

Munsharif berharap Bawaslu bisa bersikap netral kepada Gibran. Dia bilang Bawaslu mesti beri ruang kepada Gibran.

"Kami yakin Bawaslu akan menjalankan tugasnya dengan netral dan memberikan ruang kepada Mas Gibran untuk menjelaskan kronologi yang sebenarnya dan menyelesaikan kampanye yang sedang berjalan saat ini sesuai jadwal yang diberikan KPU," tutur Gibran.

Sebelumnya, Gibran rampung jalani klarifikasi di Kantor Bawaslu Jakarta Pusat, Rabu, 3 Januari 2023. Putra sulung Presiden Jokowi itu diklarifikasi atas kegiatan bagi-bagi susu saat CFD di kawasan MH Thamrin hingga Bundaran HI saat kampanye, beberapa waktu lalu.

Gibran menuturkan, aksi bagi-bagi susu di lokasi CFD itu tak ditunggangi kegiatan partai politik (parpol). 

"Kita memenuhi panggilan undangan dari Bawaslu Jakarta Pusat. Sudah kami jelaskan di dalam bahwa kegiatan 3 Desember lalu di CFD Jakarta tidak ada sama sekali kegiatan partai politik," kata Gibran. 

Terkait temuan baru yang ditemukan Bawaslu Jakarta Pusat, Gibran tegas membantah. Dia kembali menyampaikan tak ada kegiatan politik di balik aksi bagi-bagi susu itu.

"Tidak ada sama sekali kegiatan politik ya. Kan juga beberapa teman (wartawan) saya ajak juga kemarin," ujar Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya