Prabowo ke Anies: Anda Tak Pantas Bicara Etik

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Debat ketiga Pilpres 2024 berjalan panas, terutama antara Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dengan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Dalam debat kali ini, Anies kembali menyinggung persoalan putusan MKMK yang menyebut ada pelanggaran etik dalam putusan MK yang menjadi dasar pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres.

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Anies menanyakan kepada Prabowo mengenai standar etik seorang Presiden dan mengaitkan dengan pencalonan Gibran. Namun hal tersebut langsung dijawab oleh Prabowo.

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Prabowo menilai, tindakan Anies yang terus menanyakan kepadanya mengenai etik, seakan ingin mendesak dan menyudutkan. Maka dari itu, menurut Prabowo Anies sendiri tak menerapkan soal etik dam tak pantas bicara soal etik.

"Saudara bicara etik-etik, saya itu keberatan, karena saya menilai, Maaf ya karena anda desak saya, terus terang saya menilai anda tidak pantas bicara soal etik, itu saja," kata Prabowo.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Prabowo menyebut apa yang dikatakan Anies banyak yang keliru dan menyesatkan. Prabowo berpendapat, Anies tak layak bicara etik.

"Anda itu menyesatkan, itu aja. Saya boleh berpendapat kan? saya menilai anda tidak berhak bicara soal etik. Karena anda memberi contoh yang tidak baik soal etik," kata Prabowo.

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Sedangkan debat ketiga digelar malam hari ini, Minggu 7 Januari 2023. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Prabowo-Gibran Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun tema debat pertama lalu membahas tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua, membahas ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga malam ini, membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya