TPN Ganjar-Mahfud Tiba-Tiba Sambangi KPU Bahas Masalah Pilpres 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis bersama jajarannya bertemu Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2024. Todung dan jajaran datang menyampaikan berbagai permasalahan terkait gelaran pilpres 2024 kepada KPU.

Bertemu Airlangga, Menteri Inggris Puji Pelaksanaan Pemilu di RI yang Damai

"Jadi pada hari ini, Selasa tanggal 9 Januari 2024 KPU menerima kunjungan silaturahim dari Tim Pemenangan Nasional pasangan calon nomor urut 3, Mas Ganjar dan Pak Mahfud," kata Hasyim usai pertemuan. 

Todung menjelaskan, pihaknya menemui Hasyim untuk menyampaikan sejumlah masalah dengan tujuan menjaga kualitas dan integritas Pilpres 2024. Todung menyebut, ada banyak kesalahan komunikasi yang terjadi dan kini di benak publik muncul keraguan terkait penyelenggaraan pemilu.

PPP Sebut 36 Ribu Suaranya Pindah ke Partai Garuda di Dapil Jawa Barat

Pasangan Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kepada Pak Hasyim, tadi kami sampaikan bahwa ada skeptisisme di dalam benak publik mengenai beberapa hal menyangkut apakah itu netralitas aparat, apakah itu politik uang, apakah itu ya beberapa hal yang lain yang mungkin bisa kita sebut sebagai kriminalisasi dalam proses pemilu yang sedang dilangsungkan ini," ujarnya.

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Todung menambahkan, pihaknya juga meminta penjelasan KPU mengenai persoalan surat suara dikirim di luar jadwal kepada pemilih di Taiwan. 

Ditanyakan juga masalah simulasi pencoblosan menggunakan surat suara tiruan yang hanya terdiri dua kolom pasangan capres-cawapres, padahal ada tiga pasangan calon.

"Kita sudah mendapat penjelasan cukup banyak dari Pak Hasyim sebagai Ketua KPU. Dan kami memahami banyak sekali kompleksitas, banyak sekali masalah yang kita hadapi bersama," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya