Omongan Menohok Mahfud MD Jika Dicecar Kasus Wadas di Debat Keempat

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md saat berbincang dengan warga dalam acara “Tabrak, Prof!” di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 10 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Rio Feisal

Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024. Debat itu khusus akan diikuti tiga cawapres.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Terkait persiapan debat, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD tak persoalkan isu Wadas diangkat dalam debat keempat nanti.

"Jadi, urusan Wadas itu silakan kalau mau ditanya. Memangnya kenapa kalau ditanya? Bagus juga," ujar Mahfud usai acara "Tabrak Prof!" dengan generasi Z dan milenial di Medan, Sumatera Utara, dikutip dari Antara, Senin, 15 Januari 2024.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Menurut dia, Wadas merupakan isu yang dimainkan adalah pelanggaran HAM. Namun, ia menekankan tak ada pelanggaran HAM di kasus Wadas. Kata dia, pihaknya sudah meminta Komnas HAM untuk melakukan penyelidikan.

"Kalau ada pelanggaran HAM saya turun tangan. Laporan Komnas HAM resmi tertulis diumumkan kepada publik. Wadas itu tidak ada pelanggaran HAM, semua prosedurnya sudah sesuai," ujar Mahfud yang juga Menko Polhukam itu.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Para Cawapres saat debat KPU

Photo :
  • Istimewa

Sementara, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo juga mempersilakan isu Wadas, termasuk pabrik semen Rembang dibahas dalam debat keempat Pilpres 2024.

Menurutnya, dua proyek pembangunan itu kerap jadi persoalan yang digunakan untuk kritik kinerjanya selama jadi Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023. Maka itu, debat keempat nanti bisa dijadikan ajang klarifikasi.

Ganjar menyampaikan dua pembangunan yang kerap dikritisi itu merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN). Ia bilang posisinya saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat untuk daerah. Adapun Ganjar mengakui harus menyelesaikannya sebagai tanggung jawab.

Meski demikian, dia mengaku bersyukur lantaran dua proyek pembangunan itu tetap selesai meski kerap dapat penolakan hingga kritik. 

Selain itu, Ganjar merasa ada keputusannya yang pro-lingkungan tapi kerap tak terekspos.

Ganjar menyebut sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen. Selain itu, tambang emas di Wonogiri. kedua proyek itu bukan merupakan PSN. "(Ditolak) karena tidak memenuhi syarat lingkungan," kata Ganjar.

Dalam debat keempat, tema yang diangkat terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

KPU sudah menetapkan peserta Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Masa kampanye juga sudah ditetapkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Lalu, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (Ant)
 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya