JK Sebut Cak Imin Tak Perlu Diajari Lagi untuk Persiapan Debat Cawapres

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (tengah) bersama calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan (kiri) saat menjawab pertanyaan wartawan seusai makan malam di restoran Kayubangkoa, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa malam, 16 Januari 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Darwin Fatir

Makassar - Mantan wakil presiden Jusuf Kalla menyakini calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin akan tampil baik pada Debat Cawapres yang digelar KPU RI pada 21 Januari 2024.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Cak Imin cukup banyak menguasai hal, tidak perlu kita berikan masukan. Biar dia belajar, dia kan bekas Wakil Ketua DPR, bekas menteri, masa mau diajarin lagi," tutur pria yang akrab disapa JK seusai menjamu makan malam Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan di Restoran Kayubangkoa Jalan Haji Bau Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa malam, 16 Januari 2023.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengemukakan bahwa Cak Imin mampu mengikuti dinamika debat yang kedua, dan akan memberikan penampilan yang sangat baik. "Iya, saya yakin lah," kata JK menambahkan.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Muhaimin Iskandar Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Anies Baswedan saat ditanya bagaimana dengan persiapan pasangannya untuk ikut debat cawapres, menegaskan bahwa Cak Imin tidak perlu mentor karena sudah sangat paham kondisi serta materinya.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Cak Imin tidak perlu dimentori, Cak Imin sudah siap untuk debat," kata Anies menjawab pertanyaan awak media sembari tersenyum.

Mengenai dengan dukungan nitizen terhadap pasangan Anies-Muhaimin dengan akronim Amin di media sosial, JK berpendapat dengan merespon bahwa hal tersebut adalah bagus dan positif.

"Baguslah, tentu itulah yang diharapkan, tentu rakyat menyadari karena pemimpin itu mengubah masa depan, tergantung kita kebaikan masa depan. Tergantung pada pemimpin yang ada," ujar Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini menekankan.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

JK juga menganalogikan apabila dalam mengendarai kendaraan dengan supir yang memiliki pengalaman yang baik, memiliki ilmu pengetahuan serta mengetahui rute jalan, tentu penumpangnya akan selamat sampai tujuan.

"Saya selalu [umpamakan] seperti sopir bus, kalau sopirnya baik, tahu peraturan, tahu jalan, sehat, kita akan baik menuju yang baik. Jadi, itu yang kita harapkan," ucapnya mencontohkan.

Kedatangan Anies Baswedan di Sulsel untuk berkampanye di Lapangan Cina, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone dan menghadiri undangan Jusuf Kalla untuk menghadiri hari jadi pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan pada 17 Januari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya