Viral Kades di Batubara Dukung Ganjar, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran Pemilu

Ketua Bawaslu Kabupaten Batubara, M Amin Lubis saat memberikan keterangan pers di Kantor Bawaslu Sumut.(B.S.Putra/VIVA Medan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batubara sudah memeriksa Kepala Desa atau Kades Lubuk Hulu, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara, berinsial S alias B. Kades itu videonya viral di media sosial karena menyatakan dukung capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Ketua Bawaslu Kabupaten Batubara, M Amin Lubis menyampaikan viral video kades itu berujung ada yang membuat laporan ke Bawaslu Batubara. Dengan demikian, proses penanganan dilakukan sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan.

"Tentu kami, sudah kejadian ini viral. Ada yang melaporkan (Kepala desa tersebut). Beda hal dengan ini (audio viral), tidak melaporkan," kata Amin dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu Sumut, Kota Medan, Rabu 17 Januari 2024.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Dalam Acara Paku Integritas KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Amin mengatakan pihaknya tengah mendalami dengan penelusuran terkait pernyataan kades dalam video viral tersebut. Hal itu termasuk memanggil sejumlah saksi untuk dimintai keterangan.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

"Ini sudah kita proses dan sekarang sudah kita panggil kepala desanya, ke Kantor Bawaslu Batubara. Kemudian, saksi-saksi kemudian pelapor," kata Amin.

Lantas, apakah ditemukan pelanggaran pemilu dilakukan kades tersebut, Amin mengatakan pihaknya sedang dalam kajian dan analisis.

"Kita masih dalam proses pengkajian, (dugaan pelanggaran)" tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Batubara itu.

Dalam kesempatan itu, juga dihadiri Ketua Bawaslu Sumut, Aswin Diapari Lubis dan Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu. Selain itu, jajaran Bawaslu Sumut dan jajaran Bawaslu Kabupaten Batubara.

Di video yang viral tersebut, selain dukung Ganjar di 2024, ia juga menyatakan dukungan kepada Zahir untuk maju kembali jadi Bupati Batubara di Pilkada 2024. Zahir merupakan Bupati Batubara periode 2018-2023.

Untuk diketahui, video viral kades mencuat sejak beberapa hari lalu. Hal itu sebelum viralnya video audio yang disebut-sebut merupakan suara dari sejumlah pejabat di Kabupaten Batubara.

Sebelumnya, pihak Bawaslu Sumut melalui Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi, Saut Boangmanal mengingatkan agar seluruh aparatur dan penyelenggaraan negara bisa bersama-sama jaga netralitas selama tahapan Pemilu 2024.

"Apa yang terjadi, tidak mau berasumsi, ayok kita bukti dengan perilaku dan Keputusan kita, kita benar-benar, Pemilu ini bisa berjalan dengan damai, berjalan sesuai aturan," kata Saut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya