Debat Kedua Cawapres, KPU Tunjuk Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar Jadi Moderator

Komisioner KPU RI August Mellaz.
Sumber :
  • ANTARA/Firman

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunjuk dua jurnalis perempuan Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar sebagai moderator debat kedua cawapres atau debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yang digelar Minggu, 21 Januari 2024. 

Perempuan Ini Masuk Jajaran Direksi Telkomsel, Jago IT

Sejak debat pertama, moderator selalu berpasangan laki-laki dan perempuan. Namun kali ini keduanya perempuan.

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan, tidak ada alasan khusus semua moderator kali ini perempuan. Dia menerangkan, KPU memilih nama moderator juga berdasarkan masukan stasiun televisi penyelenggara debat dan perwakilan paslon presiden-wakil presiden.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Para Cawapres saat debat KPU

Photo :
  • Istimewa

"Yang jelas sejak pertemuan awal, media penyelenggara dengan tim paslon, tentu saling berupaya mengajukan figur-figur yang sangat kompeten, sangat menguasai terkait dengan pelaksanaan debat untuk menjadi moderator," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Januari 2924.

Maudy Ayunda hingga Marion Jola Siap Meriahkan Renjana Cita Srikandi

Dia menambahkan, ada beberapa pilihan nama calon moderator yang diajukan. Meski begitu, kata Mellaz, pimpinan KPU memutuskan memilih Retno dan Zilvia karena rekam jejak mereka.

"Ini sih urusannya pengalaman, kompetensi, dan kemudian mewakili juga dari stasiun televisi penyelenggara," ujarnya.

Sebagai informasi, debat keempat ini akan diikuti oleh para calon wakil presiden yaitu nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Gibran Rakabuming, dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Debat pada akhir pekan nanti akan membawa 6 tema yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat keempat akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya