Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran Konsisten di Puncak Tapi Stagnan

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Indikator Politik Indonesia mengungkap hasil survei elektabilitas calon presiden 2024 terbaru.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Dalam survei dengan simulasi top of mind menunjukkan elektabilitas capres nomor urut 2 Prabowo Subianto masih di posisi teratas dibanding dua rivalnya. Prabowo meraih elektabilitas 41,4 persen.

"Dari data kita tahu Prabowo sudah konsisten memuncaki klasemen survei berdasarkan simulasi top of mind dengan perolehan 41,4 persen,” kata Direktur Eksekutif lndikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Kamis, 18 Januari 2024.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Survei yang dilakukan Indikator Politik pada 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 atau sehari sebelum debat ketiga Pilpres 2024 ini juga menunjukkan elektabilitas capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyalip capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Anies meraih elektabilitas 23,2 persen, sementara Ganjar 20,6 persen.

Survei capres 2024 Indikator Politik periode 30 Desember 2023-6 Januari 2024

Photo :
  • Dok Indikator Politik
Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Ini survei kali pertama kita secara tatap muka di mana Anies secara top of mind menyalip Ganjar Pranowo dengan perolehan 23,2 persen,” kata Burhanuddin. 

Dalam survei ini, terdapat 13,4 persen responden yang belum menentukan pilihan. Burhanuddin mengatakan, elektabilitas Prabowo terus meningkat terutama sejak pendaftaran ke KPU pada akhir Oktober 2023 lalu. 

Dengan demikian, majunya Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres memberikan dampak positif bagi Prabowo. Di sisi lain, elektabilitas Ganjar terdampak dan menunjukkan tren menurun. 

"Jadi meski Pak Jokowi dengan Mas Ganjar ada banyak kesamaan, dari sisi partai, asal wilayah, dari sisi karakteristik sifat, tetapi ternyata darah lebih kental daripada air. Orang melihat hubungan darah daripada yang lain," kata Burhanuddin.

Dalam simulasi capres tanpa pasangan, Prabowo meraih 45,2 persen disusul Anies dengan 25,3 persen, dan Ganjar 22,5 persen. 

Kemudian, dalam simulasi surat suara, Prabowo-Gibran meraih elektabilitas 45,7 persen, Anies-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) 25,5 persen, dan Ganjar-Mahfud MD 22,9 persen. 

Berdasarkan survei itu, Burhanuddin mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami stagnasi dibanding survei sebelumnya pada 23 November hingga 1 Desember 2023. Sementara, Anies-Cak Imin naik dari survei sebelumnya yang meraih 22,8 persen.

Sebaliknya, Ganjar-Mahfud melanjutkan tren negatif lantaran survei sebelumnya meraih 25,6 persen.

Direktur Eksekutif lndikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi

Photo :
  • Dok Indikator Politik

Dikatakan Burhanuddin, dengan kondisi tersebut, makin terbuka kemungkinan Pilpres 2024 digelar dua putaran. Namun, belum bisa dipastikan pasangan yang menjadi lawan Prabowo-Gibran di putaran kedua.

"Yang bisa saya simpulkan, satu putaran belum tentu, dua putaran belum tentu tetapi kalau terjadi dua putaran, kemungkinan besar paslon 02 yang lolos yang belum clear adalah siapa yang menemani Prabowo-Gibran. Itu belum clear," imbuhnya.

 Survei Nasional Indikator Politik dilaksanakan pada 30 Desember 2023 - 6 Januari 2024. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel basis sebanyak 1200 orang yang berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Kemudian dilakukan oversample di 13 Provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, NTT, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Sehingga total sample sebanyak 4.560 responden.

Dengan asumsi metode stratified random sampling, ukuran sampel basis 4560 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya