Riset Buktikan Program Makan Siang Gratis di Sekolah Bermanfaat untuk Akademik Anak

Paslon nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Paku Integritas KPK
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta –  Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hamdan Hamedan membeberkan fakta bahwa program makan siang gratis di sekolah dapat membawa manfaat bagi akademik anak.

TKN Dukung Prabowo-Gibran Libatkan Mantan Presiden untuk Susun Kabinet

Hal itu, kata Hamdan, telah dibuktikan melalui ratusan riset. Selain dari sisi akademik, manfaat lain dari program makan siang gratis yaitu mengurangi gizi buruk, serta membantu ekonomi keluarga hingga nasional.

CEO KESAN Hamdan Hamedan

Photo :
  • Dokumen Kesan
Tips Jaga Kesehatan Usus, Sehatkan Sistem Pencernaan Hingga Perbaiki Kondisi Mental

“Laporan ‘True Cost of Food: School Meals Case Study’ menunjukkan manfaat program makan siang gratis di sekolah-sekolah Amerika Serikat (AS) bagi kesehatan dan ekonomi.” jelas Hamdan. 

“Dengan 30 juta siswa di AS yang mendapat manfaat, program ini menelan biaya sekitar $18,7 miliar per tahun. Tapi manfaat kesehatan dan ekonomi yang dihasilkan mencapai $40 miliar— dengan keuntungan sekitar $21 miliar,” lanjut Hamdan melalui tulisan di akun Instagram pribadinya, @hamdan.hamedan, Rabu, 17 Januari 2024.

Ditanya Komika Soal Makan Siang Gratis, Ini Jawaban Gibran Rakabuming

Ia menjelaskan, laporan yang sama juga menunjukkan program ini berpotensi menambah manfaat sebesar $10 miliar, khususnya dengan fokus pada bahan makanan lokal, sehat, dan berkelanjutan.

Sebagai salah satu negara yang telah mengimplementasikan program makan siang gratis, AS dilaporkan telah menerapkan program ini untuk seluruh siswa, tidak hanya siswa dari keluarga yang kurang mampu. Kemudian, banyak negara bagian di AS yang saat ini tengah berupaya untuk melakukan langkah yang sama.

“Di negara kaya seperti AS pun, TIDAK BERARTI semua orang tua mampu memberikan makanan yang bergizi untuk anaknya. Biaya makan pagi dan siang bagi anak-anak di AS bisa mencapai Rp23 juta per tahun per anak. Ini bukan hal yang mudah bagi keluarga kurang mampu,” tulis Hamdan.

Dalam unggahan yang sama, Hamdan kemudian mengutip pernyataan Direktur Nutrisi St. Paul Public Schools, Stacy Koppen yang mengungkap alasan negara bagian seperti Minnesota membiayai program ini.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Dalam Acara Paku Integritas KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Alasannya agar para siswa tidak perlu memikirkan urusan perut. Dengan demikian, mereka bisa datang dan fokus belajar di sekolah. Manfaat lainnya dari progam ini dapat terlihat di Albuquerque, New Mexico, di mana tingkat kehadiran siswa justru meningkat.” kutipnya. 

Secara umum, 3 faktor utama yang menyebabkan para siswa tertarik pada program ini adalah makanan yang enak; gratis; dan dapat mengetahui menu makanan terlebih dahulu. Lebih lanjut, 85% siswa tertarik jika makanan diberikan secara gratis.

“Survei Urban Institute juga menemukan bahwa mayoritas orang tuanya pun mendukung program ini (76%),” pungkas Hamdan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya