Bersumpah Di Depan Jokowi, Arsul Sani Sah Jadi Hakim Konstitusi Gantikan Wahiduddin Adams

Presiden Jokowi lantik Arsul Sani jadi hakim konstitusi MK.
Sumber :
  • Akun X @jokowi

Jakarta - Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani sah menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) setelah membacakan sumpah dan janji di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Arsul dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 18 Januari 2024.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Pengangkatan Arsul sebagai hakim konstitusi MK berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 102 P Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan hakim konstitusi yang diajukan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Mengangkat Arsul Sani sebagai hakim konstitusi terhitung sejak saat pengucapan sumpah janji. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 24 Oktober 2023. Presiden Joko Widodo,” kata Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti saat bacakan Keppres.

MK Siapkan Tukang Pijat hingga Vitamin untuk Hakim Selama Sidang Sengketa Pileg 2024

Politikus PPP Arsul Sani dilantik jadi hakim konstitusi.

Photo :
  • Akun X @jokowi

Adapun, hakim konstitusi yang hadir antara lain Ketua MK Suhartoyo, Saldi Isra, Guntur Hamzah, Anwar Usman, Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, dan Daniel Yusmic.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Kemudian, Arsul Sani yang merupakan Wakil Ketua MPR RI ini membacakan sumpah didampingi rohaniawan.

Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar RI Tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, menurut Undang-undang Dasar RI Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Arsul merupakan hakim konstitusi dari unsur yang diajukan DPR. Nama Arsul disetujui dalam Rapat Paripurna Ke-7 DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023—2024, pada Oktober lalu merujuk hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Arsul merupakan hakim konstitusi terpilih yang menggantikan Wahiduddin Adams karena memasuki usia 70 tahun pada 17 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya