Menkominfo: Indonesia Digital Terwujud jika NU Sudah Digital

Ketua Umum NU Yahya Cholil Staquf saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di Gedung PB NU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.
Sumber :
  • NU

Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memantapkan agenda digitalisasi NU.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh Ketua Umum NU Yahya Cholil Staquf saat menerima kunjungan Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi di Gedung PB NU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyampaikan, NU memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan digitalisasi karena jumlah anggotanya juga yang demikian besar. Karenanya, visi Indonesia digital di tahun 2045 tidak akan terwujud tanpa NU yang sudah digital.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Ketua Umum NU Yahya Cholil Staquf saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan

Photo :
  • NU

"Indonesia digital terwujud jika NU sudah digital. Karena itulah bagian dari ikhtiar kita visi Indonesia digital 2045," ujarnya.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Budi menyadari dan memahami bahwa tantangan ke depan sangatlah kompleks sehingga kesiapan warga bangsa sangat diperlukan. Karena itulah, pemerintah memantapkan dan mendorong Nahdliyin untuk terus bisa melek digital dan bisa membawa kemajuan digital ini untuk kesejahteraan waraga Nahldiyin. "Bagaimana literasi ini lebih produktif tentu saja dengan meningkatnya kesejahteraan warga," ujarnya.

Menurut Gus Yahya, saat ini NU berkomitmen melakukan transformasi digital. "Tidak kalah penting komitmen Kemkominfo mendukung agenda transformasi digital NU," katanya.

Digitalisasi ini sangat penting karena jumlah keanggotaan NU sangat besar. Karenanya, Gus Yahya mengaskan, pengelolaan NU yang begitu luas dan besar itu tidak mungkin dilakukan secara manual sehingga butuh manajemen digital. "Transformasi digital ini menjadi agenda utama," katanya.

Warga mengikuti pengajian dalam rangkaian Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di parkir timur Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 7 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Umarul Faruq

Transformasi digital ini, kata Gus Yahya, bakal digencarkan dalam setahun ini sehingga pada tahun 2025 urusan organsisi NU bisa dikerjakan melalui manajemen digital.

Selain itu, kerja sama NU dan Kemkominfo juga berkaitan dengan edukasi dan literasi digital, termasuk ekonomi digital yang melibatkan UMKM. "Di situ nanti, PBNU akan ikut membantu menggalang partisipasi masyarakat khususnya dari warga NU," ujarnya.

Ada pula beasiswa pendidikan yang bergelar dan non-gelar untuk warga NU. "Ada lagi kerja sama untuk beasiswa pendidikan digital, termasuk untuk pendidikan degree dan nondegree yang disediakan Kominfo. Banyak sekali peminat dari kalangan NU untuk itu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya