Kelangkaan Pupuk Akan Menjadi Bahasan Mahfud MD di Debat, Kata Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Dalam Acara Paku Integritas KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Magetan – Ganjar Pranowo mengungkapkan pentingnya kelangkaan pupuk di Indonesia untuk diangkat saat debat. Dimana saat ini di banyak daerah, petani mengalami kesulitan karena langkanya keberadaan pupuk. Capres nomor urut 3 di Pilpres 2024 itu menyebut masalah pupuk akan menjadi salah satu yang diangkat oleh cawapres Mahfud MD saat melakukan debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Besok debatnya Pak Mahfud saya kira pas ya mungkin di seluruh tempat di Indonesia yang kita kunjungi pupuk menjadi persoalan serius ya," kata Ganjar kepada wartawan di Magetan, Jawa Timur, dikutip Jumat, 19 Januari 2024.

Dalam kunjungannya ke Magetan, Ganjar banyak mendapat keluhan masyarakat, terutama permasalahan subsidi pupuk. Para petani, kata dia, mendapat subsidi pupuk yang kurang memadai.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

"Satu, kurang (pupuk) dan tadi ada satu petani yang sangat bagus sekali menyampaikan dari sekian komoditas, sekarang hanya sedikit yang diberikan subsidi dan ternyata dari sedikit diberikan subsidi itu pun kurang," kata dia.

Selain itu, Ganjar juga banyak membahas soal kesetaraan pangan dan produktifitas. Ganjar menilai hal itu akan menjadi inspirasi dalam sebuah materi perdebatan oleh Mahfud MD nanti.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Saya kira petani jadi penting saya banyak inspirasi dari para petani tadi agar besok dimasukkan dalam sebuah materi perdebatan. Kalau kita bicara ketahanan pangan, darurat pangan, salah satu yang kita bicarakan adalah politik pupuk ini," jelasnya.

Selain itu, Ganjar juga menyebut akan membahas soal isu pekerja migran hingga UMKM juga bakal dibahas dalam debat cawapres tersebut.

"Yang mungkin disampaikan nanti dalam perdebatan yang berikutnya tadi ada soal UMKM, ada soal pekerja migran," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan bahwa tempat debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu, 21 Januari 2024. Hal itu, sudah disepakati KPU dengan tim masing-masing paslon capres-cawapres. 

"Debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari (2024) akan dilaksanakan di JCC," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dikutip Selasa, 16 Januari 2024. 

Mellaz mengatakan, JCC kembali dipilih karena alasan ketersediaan lokasi (venue) dan para tim pasangan calon telah familiar, sebab debat kedua yang mempertemukan cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023, juga digelar di lokasi yang sama.

Adapun tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya