Anies Ungkap Pembicaraan dengan Warga Kampung Bayam

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) saat menyampaikan paparannya pada acara Desak Anies bersama tenaga kesehatan di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

JakartaCalon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan sempat bertemu dengan salah satu warga Kampung Bayam, Jakarta Utara. Anies pun menjelaskan obrolan yang dibahas ketika bertemu dengan perwakilan warga Kampung Bayam.

Bakal Turun Tangan Tertibkan Jukir Liar di Jakarta, Kombes Latif: Kalau Maksa Itu Pidana

Kedatangan warga Kampung Bayam itu terjadi saat Anies menggelar acara 'Desak Anies' di Jakarta pada Kamis 18 Januari 2024 kemarin. Anies pun menyebut pertemuan dengan warga Kampung Bayam itu terjadi sangat emosional.

"Saya kan banyak keluar kota, jadi mereka tau saya ada acara di sana, pada datang. Dan pada mengungkapkan 'pak kangen,' 'pak kehilangan,' kemudian emosional," ujar Anies kepada wartawan dikutip Jumat 19 Januari 2024.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar di Paku Integritas KPK

Photo :
  • KPK

Dia menjelaskan bahwa warga Kampung Bayam itu sudah seperti saudara sendiri. Pun, dia mengatakan kalau kampung susun bayam memang sejatinya disiapkan untuk masyarakat yang terdampak pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Heru Budi Ingatkan Petugas Kesehatan Jangan Tolak Pasien TBC dari Luar Jakarta

"Dan saya bilang tadi negara itu harus bersifat kasih dan sayang kepada rakyat itu, dan ini yang kecil yang butuh bantuan negara, kalau yang besar kan nggak butuh bantuan negara," ucap Anies.

"Karena itu (Kampung Susun Bayam) dirancang untuk warga Kampung Bayam, bahkan rencananya mereka nanti bisa bekerja sebagai bagian dari kegiatan di JIS. Bayangkan rumahnya di situ, ada parkir di situ, ada kegiatan-kegiatan yang butuh tenaga kerja mereka bisa kerja. Nah ini bukan janji Anies, ini adalah keputusan pemerintah yang perlu dilaksanakan sampai tuntas," imbunya.

Lantas, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan bahwa hubungan dengan warga kampung bayam sangat dekat. 

Dia juga kembali menguraikan tujuannya membangun Kampung Susun Bayam kala itu.

"Jadi warga Kampung Bayam itu amat dekat, dan kami memang memilih untuk menjalankan prinsip menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang kuat. Mereka adalah kelompok masyarakat yang rendah di Jakarta," kata Anies.

"Dan ketika kami membangun JIS, kami membangun komplek perumahan di sampingnya, untuk siapa? Untuk warga kampung bayam. Bahkan rancangannya itu disiapkan rancangan untuk mereka tetap bisa bercocok tanam," sambungnya.

Anies-Muhaimin Dalam Acara Paku Integritas KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Anies Baswedan dipeluk oleh salah satu warga kampung bayam yang datang ke sebuah acara 'Desak Anies' di kawasan Jakarta Selatan pada Kamis 18 Januari 2024. Warga yang mengaku sebagai salah satu penduduk kampung bayam itu menangis saat memeluk Anies Baswedan.

Seorang pria berkulit sawo matang itu memeluk Anies Baswedan sembari menanyakan nasib selanjutnya warga Kampung Bayam, Jakarta Utara.

"Pak, nasib kami gimana, belum ada kepastian tempat tinggal," ujar salah satu warga kampung bayam di lokasi acara.

Tetapi, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya meminta untuk sabar. Dia meminta untuk menunggu beberapa bulan lagi.

"Yaudah, nanti kita beresin bersama, bismillah ya, sabar dulu ya, beberapa bulan lagi," kata Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya