PSI Kampanye Akbar di Solo, Begini Alasannya

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama jajaran elite PSI.
Sumber :
  • istimewa

Solo – Partai Solidaritas Indonesia, PSI, melakukan kampanye akbar di Kota Solo, Jawa Tengah. Kampanye digelar pada Senin 22 Januari 2024, di Lapangan Jajar, Laweyan, Kota Solo. Ribuan pendukung PSI memenuhi tempat.

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI, hadir. Solo menjadi tempat pertama kampanye akbar. Sehingga menjadi daerah yang spesial karena merupakan kota kelahiran dari Kaesang, Presiden Jokowi, dan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Ketum PSI Kaesang Pangarep saat orasi kampanye di Lapangan Jajar, Solo, Senin, 22 Januari 2024. (Fajar Sodiq)

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)
Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

Giring Ganesha yang juga Dewan Pembina PSI, ikut memeriahkan kampanye akbar tersebut. Mantan vokalis Band Nidji itu menyanyikan 'Ojo Dibandingke'. Para pendukung yang hadir pun ikut berjoget bersama.

Kaesang juga memborong es teh yang dijual oleh sejumlah pedagang UMKM di Lapangan Jajar, Solo. Es teh itu lalu dibagi-bagikan kepada pendukungnya.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

Kaesang mempraktekkan bagaimana cara masyarakat mencoblos PSI dan Prabowo-Gibran. Sebab pemilu legislatif atau pileg dan pemilu presiden atau pilpres, bersamaan di 14 Februari 2024. Masyarakat, kata dia, dapat memilih PSI dengan mencoblos nomor urut 15. Lalu nomor urut 2 di kertas suara pilpres.

"Sing penting tanggal 14 Februari, ojo lali PSI, coblosnya PSI. 14 Februari 2024, di TPS coblos PSI karo Mas Gibran. Janji yo. Aku titip Mas Gibran yo. Aku titip PSI," kata Kaesang.

Jaket yang digunakan saat debat keempat Minggu 21 Januari oleh Gibran yakni jaket Naruto, juga diberikan oleh Kaesang kepada massa. Saat diminta pendukungnya, Kaesang menyebut jaket tersebut milik sang kakak.

"Ini jaket punya Mas Gibran," ucapnya.

Namun, para pendukungnya tetap berteriak menginginkan jaket Naruto yang dipakai Kaesang. Akhirnya, Kaesang melemparkan jaket Naruto yang dikenakannya dari atas panggung.

"Hati-hati semua, jangan berebut," kata Kaesang.

Sedangkan Sekjen PSI, Raja Juli Antoni, memaparkan kenapa pihaknya memilih Solo sebagai lokasi kampanye perdana. Kata dia, ini juga berdasarkan hasil survei dimana PSI berada di peringkat kelima di Jawa Tengah.

"Hari ini zonasi Pak Prabowo dan Gibran dengan partai koalisi salah satunya di Jateng. Kebetulan secara kalkulasi politik, Solo adalah kota yang baik untuk memulai kampanye terbuka ini," jelas Raja Juli kepada wartawan.

"Alhamdulillah kampanye terbuka ini temen-temen ketahui (survei) Litbang Kompas, menempatkan PSI di urutan kelima di Jateng (setelah) PDIP, Gerindra, Golkar dan kelima PSI," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya