Survei: Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik, Potensi Kemenangan 1 Putaran Terbuka

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Dalam Acara Paku Integritas KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Survei terbaru Polling Institute memotret rilis terbarunya terkait dinamika elektabilitas pasangan capres cawapres jelang pencoblosan Pilpres 2024. Dari temuan terbaru survei, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan calon rivalnya.

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim menjelaskan dari hasil survei terbaru pihaknya, elektabilitas duet Prabowo-Gibran unggul dibanding dua rivalnya yaitu pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut dia, kondisi tersebut membuat potensi kemenangan satu putaran kian terbuka. Elektabilitas Prabowo-Gibran saat ini berada di angka 48,7 persen. Dia menyampaikan ada kenaikan dibandingkan temuan Desember 2023 yang baru berada di angka 46,1 persen.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

“Pada simulasi tiga pasangan, Prabowo-Gibran 48,7 persen, Anies-Muhaimin 23 persen, sementara Ganjar-Mahfud 20,9,” kata Kennedy saat paparam survei bertajuk ‘Elektabilitas, Efek Debat, dan Sentimen Pilpres Satu Putaran’ secara virtual, Jumat, 26 Januari 2024.

Ketiga pasang Capres dan Cawapres di acara Paku Integritas KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Menurut dia, dengan sisa waktu kurang dari tiga pekan menuju pencoblosan, potensi Pilpres 2024 berlangsung satu putaran kian memungkinkan. Hal itu mengingat terjadi tren kenaikan elektabilitas duet Prabowo-Gibran yang notabene pasangan nomor urut dua tersebut.

Dalam temuan Polling Institute, mayoritas publik diketahui juga ingin Pilpres 2024 hanya berlangsung satu putaran. Dia mengungkapkan, ada 53,8 persen responden yang berharap Pilpres 2024 bisa berlangsung satu putaran. Pandangan mereka karena dengan satu putaran bisa menghemat anggaran negara.

“Ada juga 39,4 persen yang menyatakan Pilpres satu putaran atau dua putaran sama-sama baik, sepanjang berlaku secara demokratis sesuai pilihan rakyat,” jelas Kennedy.

Pun, jika ditelaah, mereka yang ingin Pilpres 2024 satu putaran juga berasal dari pasangan kubu Amin dan Ganjar-Mahfud. Dia menyebut untuk kubu Amin sebanyak 57,6 persen ingin pilpres berlangsung satu putaran.

“Untuk pendukung Ganjar-Mahfud, dari basis 20,9 persen, 48,6 persen di antaranya menginginkan Pilpres satu putaran,” kata Kennedy.

Survei terbaru Polling Institute dilakukan dalam  kurun waktu 15-16 Januari 2024. Survei menempatkan 1.219 responden yang diwawancarai melalui sambungan telepon dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Dalam survei itu, target populasi merupakan warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Pemilihan sampel dalam survei dilakukan memakai metode Random Digit Dialing (RDD). Adapun metode RDD adalah memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya