Istana Sebut Jokowi Belum Ada Rencana Berkampanye meskipun Diperbolehkan

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Jakarta - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menegaskan Presiden Joko Widodo belum punya rencana berkampanye meskipun diperbolehkan oleh Undang-undang Pemilu.

Tinjau BLUD RS Konawe, Presiden Jokowi Apresiasi Inisiatif Pendanaan Pembangunan

Dia memastikan, kepergian Jokowi ke Yogyakarta dan Jawa Tengah di akhir pekan ini, adalah dalam rangka kunjungan kerja.

"Meskipun diperbolehkan UU Pemilu, sampai saat ini Presiden Jokowi belum ada rencana berkampanye," kata Ari kepada wartawan, Minggu, 28 Januari 2024.

Jokowi Perintahkan BNPB Segera Atasi Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Ilustrasi kampanye politik

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Selain kunjungan kerja, Dia menjelaskan bahwa dua agenda Jokowi lainnya di Jogja dan Jateng, adalah untuk menghadiri kegiatan di UNU dan Akmil Magelang.

Resmikan Bendungan Ameroro, Jokowi Sebut Bisa Cegah Krisis Air hingga Genjot Pariwisata

"Hari-hari ini, Presiden berada di Yogyakarta dan Jawa Tengah, untuk beberapa agenda kunker, di antaranya peresmian Kampus UNU Yogyakarta dan kegiatan di Akmil Magelang," ujarnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi sendiri telah menjelaskan maksud dari pernyataannya, soal presiden boleh kampanye dan memihak.

Presiden bahkan menunjukkan print kertas besar bukti pasal dalam UU Pemilu, yang memang ada mengatur hal tersebut. Jokowi juga menjelaskan, awalnya hal itu diutarakannya guna menjawab pertanyaan para awak media.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 jelas menyampaikan di Pasal 299 bahwa presiden dan wakil presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye, jelas," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 26 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya