Iwan Bule, Jenderal Polisi Humanis yang jadi Caleg Jagoan Gerindra dari Dapil Jabar

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo (kiri) dan Mochamad Iriawan (kanan) dalam acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Partai Gerindra Kalimantan Barat, Rabu, 26 Juli 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule terjun ke ranah politik dengan bergabung ke Partai Gerindra. Iwan Bule juga maju sebagai calon legislatif atau caleg DPR dari Gerindra untuk daerah pemilihan atau dapil Jawa Barat X.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Dengan rekam jejaknya sebagai perwira tinggi atau pati di korps Bhayangkara, Iwan Bule bisa jadi andalan Gerindra jika tembus ke parlemen Senayan. Selama berdinas di Polri, alumni akpol 1984 itu punya pengalaman dalam beberapa kasus seperti pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan tokoh-tokoh terkemuka di Indonesia.

Iwan Bule juga pernah jabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Metro Jaya. Mantan Kadiv Propam Polri itu juga dinilai piawai dalam menjaga ketertiban di lingkungan masyarakat karena karakternya yang humanis.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Figur Iwan Bule saat menunaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pejabat pati Polri selalu cerminkan kemampuannya untuk memimpin dengan kelembutan. Ia mampu berikan ruang bagi bawahannya untuk berkembang maksimal sehingga terbuka terhadap ide-ide baru, dan dengan setia mendengarkan aspirasi masyarakat.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dia juga dikenal punya kedekatan dengan berbagai lapisan masyarakat. Dengan faktor itu, menjadikannya sebagai sosok yang mudah diterima dari berbagai kalangan manapun.

Bagi Iwan Bule, kepercayaan dari masyarakat sebagai aspek penting untuk dapat bersinergi. Hal itu diperlihatkan eks Pj Gubernur Jawa Barat itu saat memangku jabatan sebagai kapolda.

“Kepercayaan masyarakat pada kami adalah hal yang utama agar dapat bersinergi dan bahu-membahu untuk menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan nyaman bagi semua pihak tanpa terkecuali," kata Iwan Bule, dikutip pada Senin, 29 Januari 2024.

Dia bilang seorang kapolda mesti bisa menunjukkan kepemimpinan efektif dan transparan. Kata dia, pemahaman akan pentingnya kerja sama antara aparat kepolisian dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Pun, dengan pengalamannya, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra itu punya harapan jika kelak tembus ke DPR. Dia ingin menjembatani kebijakan pemerintah dan kebutuhan riil masyarakat secara efektif.

Iwan Bule ingin bawa nuansa kepemimpinan humanis dan inklusif ke panggung politik. Ikhtiar itu sudah ia lakukan saat mendapat amanat jabatan di Polri dan posisi lainnya yang pernah diembannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya