Siapa Calon Pengganti Mahfud MD jadi Menko Polhukam? Begini Jawaban Istana

Jokowi saat perkenalkan Mahfud MD jadi Menko Polhukam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta - Presiden Jokowi disebut belum memikirkan pengganti Mahfud MD yang mundur dari posisi Menko Polhukam. Dalam waktu dekat ini, Mahfud MD bakal menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai salah satu menko di kabinet Jokowi.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Mahfud MD belum mengirim surat pengunduran diri dari posisi Menko Polhukam secara resmi. Maka, menurut dia, Jokowi belum bisa memikirkan siapa penggantinya.

“Ya Pak Menko saja belum menyampaikan suratnya, kita sudah berpikir soal pengganti. Kita tunggu arahan Presiden saja. Beliau sendiri baru akan menyampaikan rencana akan diterima oleh Bapak Presiden,” kata Ari di Jakarta pada Rabu, 31 Januari 2024.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Ari menghormati langkah Mahfud yang dinilai luar biasa mengikuti tata krama sehingga ingin menyampaikan secara langsung surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi. Menurut dia, sikap Mahfud ini sebuah tata krama ketimuran yang memang harus dijaga dan dihormati.

Regenerasi Petani, Kementerian Pertanian Beri Pembekalan pada Petani Muda

“Beliau sangat luar biasa bisa mengikuti tata krama yang sebenarnya bagus sekali. Jadi tidak begitu saja dengan surat, tapi beliau ingin menyampaikan langsung kepada Presiden," jelas Ari.

Bagi dia, cara Mahfud mundur itu juga karena ingin menghormati Jokowi yang mengangkatnya sebagai menteri.

"Ketika beliau ditunjuk oleh Presiden menjadi Menko Polhukam dengan terhormat, tentu berhentinya juga dengan hormat. Itu saya kira hal yang perlu kita hargai dan hormati,” ujarnya.

Menurut dia, rencana mundurnya Mahfud dari Menko Polhukam diyakini tidak akan mengganggu penyelenggaraan pemilu 2024 yang tinggal hitungan hari. Sebab, kata dia, pemerintah sudah memiliki sistem yang baik dan teruji dalam penyelenggaraan pemilu.

“Mengenai penyelenggaran pemilu, saya yakin dengan sistem yang kita miliki dengan baik, sudah teruji keandalannya melalui institusi-institusi penyelenggaraan pemilu. Institusi pemerintahan juga kita tahu sudah berjalan dengan baik," jelas Ari.

Maka itu, dia bilang tak ada masalah dengan mundurnya Mahfud MD sebagai Menko Polhukam.

"Jadi kita berharap tidak ada masalah terkait pengunduran diri dari Pak Menko Polhukam. Proses penyelenggaraan pemerintah, fungsi-fungsi Kemenko Polhukam tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menjawab soal kabar mundur dari jabatan Menko Polhukam RI. Ia mengaku sudah menyiapkan surat pengunduran dirinya. Namun, ia bilang surat pengunduran diri itu akan diberikan langsung saat bertemu Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya