Debat Capres 2024

Cek Fakta: Anies Sebut 45 Juta Orang RI Tak Punya Pekerjaan Layak

Anies Baswedan, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan hanya segelintir orang yang menguasai sebagian besar perekonomian Indonesia. Akibatnya, 45 juta orang tak memiliki pekerjaan layak.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

“Apa masalah hari ini, 45 juta orang belum bekerja dengan layak,” ujar Anies dalam debat capres yang diselenggarakan KPU di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat Minggu, 4 Februari 2024.


Source : VIVA/M Ali Wafa

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

“Bicara jaminan sosial, lebih dari 70 juta orang tidak punya jaminan sosial, bicara pendidikan, jauh dari kota, trpencil, masa depan jadi suram. Kemampuan tinggi kesempatan tidak ada, sangat frustasi melihatnya,” sambungnya.

Cek Fakta

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Mengutip laporan Bloomberg Technoz, berdasarkan data Kementerian Investasi. Saat ini masih ada sekitar 20 juta orang di Indonesia belum memiliki pekerjaan dan belum bekerja secara layak.

Pemerintah mengklaim tingkat pengangguran menurun menjadi 7,89 juta orang.

Namun, bila angka setengah pengangguran dihitung, yakni mereka yang bekerja kurang dari 35 jam per minggu dan masih mencari pekerjaan tambahan atau pekerjaan lebih layak, angkanya semakin besar dari tahun ke tahun.

Anies Baswedan, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Per Agustus 2023, total jumlah penganggur terbuka dan setengah penganggur mencapai 17,2 juta orang. Jumlah itu lebih besar dibandingkan posisi Agustus 2022 yang mencapai 16,69 juta orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya