Prabowo Setuju soal Kementerian Kebudayaan yang Digagas Anies: Kalau Ide Baik Saya Terima

Prabowo Subianto, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto setuju dengan gagasan capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang berencana membuat kementerian khusus menangani Kebudayaan atau Kementerian Kebudayaan. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

"Saya juga setuju itu. Kalau saya jadi Presiden saya memikirkan Kementerian Kebudayaan, kalau ide yang baik dari manapun saya bisa terima dan didukung," kata Prabowo saat diminta menanggapi pernyataan capres Anies dalam sesi debat capres, Minggu, 4 Februari 2024

Prabowo sebelumnya juga sependapat dengan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang menyampaikan memberi ruang inisiatif dan kreativitas bagi seni dan budaya

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Ia menekankan akan menjaga situs-situs budaya, museum, kesultanan-kesultanan yang menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia. 

Prabowo Subianto, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Masuk akal saya bisa menerima 2 respons itu memang ada benernya kita harus benar-benar memberi ruang bagi inisiatif dan kretivitas. Tapi jelas, pemerintah tidak ragu dan turun tangan," ujarnya 

Sebelumnya, capres nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan, Pemerintah harus menjadi motor utama dalam pengembangan kebudayaan di Indonesia. Karena itu jika dia terpilih, kementerian kebudayaan akan diberi tugas khusus dalam mewujudkan hal tersebut.

"Budaya itu bukan hanya dirawat karena jadi seakan-akan warisan masa lalu saja. Budaya itu harus dikembangkan," ujar Anies.

Anies pun menegaskan, dengan peran lebih pemerintah tersebut terhadap menggenjot kebudayaan. Ide dan kreativitas para kalangan budayawan akan lebih berkembang.

"Karena itu kami berencana kementerian kebudayaan yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara untuk kalangan budayawan  akan mereka tumbuh berkembang membagun kebudayaan yang luar biasa," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya