Momen Langka, Gibran Temui Aksi Demo Mahasiswa di Depan Balai Kota Solo

Gibran Rakabuming Raka saat akan menandatangani pakta integritas yang disodorkan korlap aksi demo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Ratusan mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Solo Raya Untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB) menggelar aksi demo di depan Balai Kota Solo, Selasa, 6 Februari 2024. Untuk pertama kalinya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menemui para pendemo yang mengaku berasal dari berbagai perguruan tinggi di Solo Raya.

Prabowo-Gibran Hadiri Halalbihalal PBNU, Disambut Menag dan Gus Yahya

Pantauan VIVA, ratusan peserta demo itu tiba berdatangan ke depan Balai Kota Solo sekitar pukul 13.30 WIB. Para peserta demo tampak membentangkan sejumlah spanduk dengan tulisan ‘Tuntut Gibran Berjanji, Tidak Akan Pernah Berkhianat Kepada Rakyat Indonesia’, ‘Kami Butuh Bukti Bukan Janji’, ‘Menuntut Janji Gibran untuk Melakukan Pemerataan Pembangunan & Kesejahteraan’ dan lainnya.

Prabowo Subianto dan Gibran

Photo :
  • Istimewa
Muncul Banyak Versi Formasi Kabinet Prabowo, Gerindra: Semua Itu Mungkin Aspirasi

Dalam orasinya, koordinator aksi, Farouq Naufally Mumtaz membacakan pakta integritas yang berisi sebelas poin terkait harapan pasangan Prabowo-Gibran jika nantinya terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Selain itu, mereka juga meminta cawapres nomor urut 2 yang juga putra sulung Presiden Jokowi untuk menemui para pendemo yang menggelar aksi di depan Balai Kota Solo.

Tak berselang lama, kemudian Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terlihat berjalan kaki dari arah Pendhapi Gede menuju depan Balai Kota Solo untuk menemui para pendemo. Lantas, koordinator aksi yang sedang membacakan pakta integritas itu langsung meminta kepada para pendemo untuk menyambut kedatangan Gibran.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

“Nanti kita sambut cawapres kita (Gibran),” kata dia saat menyambut kehadiran Gibran yang tampak dikawal sejumlah anggota Pasmpampres.

Bahkan, kedatangan Gibran di aksi demo tersebut disambut meriah para mahasiswi yang tidak memakai jas almameter. Tak hanya itu, mereka juga beberapa kali mengacungkan salam dua jari. Kemudian, Gibran yang menemui para pendemo itu langsung menandatangani selembar kertas bertuliskan pakta integritas yang disodorkan koordinator aksi demo.

Setelah menandatangani pakta integritas itu, Gibran langsung menyapa para mahasiswi yang memakai busana muslimah. Kemudian mereka pun terlihat bersalaman dengan mencium tangan Gibran dan meminta untuk foto bersamanya. Kemudian, cawapres nomor urut 2 itu meminta pamit dan kembali ke ruang kerjanya dengan berjalan kaki diikuti koordinator aksi demo dan dua panitia aksi demo lainnya.

Saat ditemui wartawan, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi pakta integritas yang disampaikan para mahasiswa yang menggelar demo di depan balai kota. Menurut dia, pendapat yang disuarakan peserta aksi demo itu sesuai dengan visi dan misi dari pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

“Ya sesuai itu saja, sesuai dengan poin-poinnya. Wis mbok foto belum tadi, ya wis sesuai itu. Tinggal dilaksanakan saja,” ujarnya.

Sedangkan koordinator aksi Aliansi Mahasiswa Solo Raya Untuk Kepemimpinan Bermartabat, Faoruq Naufally Mumtaz mengatakan pakta integritas yang menjadi tuntutan para mahasiswa itu ingin disampaikan ke cawapres nomor urut 2 karena berdasarkan hasil survei elektabilitas paslon capres-cawapres merupakan yang tertinggi.

“Kami ingin beliau menjadi pasangan presiden dan wakil presiden yang menepati janti-janti beliau. Tetap menjaga keamanan, mengembangkan UMKM dan sebagainya,” ucapnya.

Selain itu, Farouq juga menyampaikan aspirasi mengenai mahasiswa dan generasi muda dalam pakta integritas tersebut. ‘Biar bisa lebih dikembangkan lagi, baik dari mutunya sebagai mahasiswa dan generasi muda,” harapnya. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya