Jokowi Tegaskan Lagi ASN, TNI-Polri Harus Netral di Pemilu: Termasuk BIN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Limapuluh, Kabupaten Batubara Sumut
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kembali seluruh aparatur pemerintah untuk bersikap netral dalam Pemilu 2024, baik aparatur sipil negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Hal itu, disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada wartawan usai meresmikan ruas jalan Tol di Gerbang Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu 7 Febuari 2024.

Bahkan, kata dia, Badan Intelijen Negara (BIN) yang dipimpin Jenderal (Purn) Budi Gunawan juga harus netral.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Limapuluh, Kabupaten Batubara Sumut

Photo :
  • Setpres

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa ASN, TNI, Polri termasuk BIN harus netral dan menjaga kedaulatan rakyat,” kata Jokowi pada Rabu, 7 Februari 2024.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Selain itu, Jokowi juga meminta penyelenggara pemilihan umum baik KPU maupun Bawaslu dan seluruh jajaran sampai di daerah, harus bekerja secara profesional. “Dan memastikan integritas pemilu supaya suara rakyat benar-benar berdaulat,” ujarnya. 

Kemudian, Jokowi mengimbau sekaligus mengajak seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, datang ke TPS memberikan suara sesuai dengan pilihannya pada Rabu, 14 Februari 2024.

“Kita semua harus menjaga pemilu yang damai yang jujur dan adil, menghargai hasil pemilu dan bersatu padu kembali untuk membangun Indonesia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya