Prabowo di Podcast Deddy Corbuzier: Indonesia Bisa Mandiri dan Ramah Lingkungan

Prabowo Subianto-Gibran, Kampanye Akbar Pesta Rakyat Untuk Indonesia Maju
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan Indonesia mampu menjadi negara mandiri dan ramah lingkungan. Hal ini terungkap dalam wawancaranya di podcast di YouTube Deddy Corbuzier yang tayang hari ini Selasa, 13 Februari 2024. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

"Saya diberitahu oleh beberapa pakar, kita adalah negara yang bisa 100 persen mandiri di bidang Bahan Bakar Minyak (BBM) atau energi," kata Prabowo.

Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa
PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Prabowo melanjutkan, kemandirian BBM yang bisa dimiliki oleh Indonesia tersebut merupakan bahan bakar hayati atau yang secara langsung bersumber dari tanaman (Biofuel).

"Dan hebatnya, BBM ini adalah yang ramah lingkungan, Biofuel. Jadi, solar bisa 100 persen dari kelapa sawit. Kita punya itu semua (kelapa sawit di Indonesia)" ujarnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Presidential Candidate Number 2, Prabowo Subianto (Instagram/Prabowo)

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Saat ini pun, Indonesia sudah mempunyai solar B35. Ia mengungkapkan dengan B35, negara mampu hemat 10 miliar dolar setiap tahunnya.

"Jadi, B35 saja penghematan tiap tahun itu kurang lebih 10 miliar dolar, kita tidak usah kirim ke luar negeri uang itu. Jadi, uang itu tetap berputar di Indonesia," ungkap Prabowo.

Berdasarkan hal tersebut, menurutnya Indonesia nantinya mampu menuju ke arah B100 dan mampu memiliki penghematan dana yang lebih banyak untuk kesejahteraan negara, tanpa harus membayar tinggi ke luar negeri.

"Ini bisa dibuktikan kita ke arah B100, nanti penghematan yang tidak kirim ke luar negeri itu senilai 25 miliar dolar," bebernya.

Berkali-kali ia menegaskan, Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah bahkan bensin di Indonesia pun dapat bersumber dari tebu, singkong hingga aren, tidak hanya melalui fosil.

"Bensin bisa kita dapat dari tebu, singkong, aren. Artinya, Indonesia bisa mandiri dan ramah lingkungan, green energy. Kita bisa tidak menimbulkan polusi lagi. Ini yang disebut energi terbarukan karena dari tanaman," jelasnya.

Prabowo pun menegaskan, masalah energi tersebut termasuk dalam pertahanan. Jika negara tidak mampu mengamankan sumber daya alam yang dimiliki, Indonesia tidak akan pernah bisa memproduksi kemandirian energi.

"Ini masalah pertahanan. Kita harus pandai menjaga dan mengelolanya. Kalau kita nggak bisa secure energy, kita mau bikin apa? Sekarang ini dunia mau ke situ. Dia mau teken kita tidak boleh lagi pake fossil fuel, kita nanti pake green fuel," paparnya.

"Sekarang pesawat-pesawat terbang dipaksa nanti harus pake sekian persen dari avtur itu dari Biofuel. Kita nanti yang akan kaya (menjadi negara yang punya banyak sumber Biofuel)" tambah Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya