Prabowo-Gibran Menang Telak di Jateng-Bali Versi Kawal Pemilu, Ganjar-Mahfud Keok

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam posisi di atas angin karena unggul versi hitung cepat atau quick count dan situs kawal pemilu. Dari data sementara di situs kawal pemilu, duet Prabowo-Gibran unggul di Jawa Tengah dan Bali.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Bahkan pasangan nomor urut 2 itu menang dengan angka selisih jauh dari paslon rivalnya seperti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Untuk Jawa Tengah dan Bali jadi perhatian karena dua provinsi itu dikenal sebagai basis massa PDI Perjuangan (PDIP).

Merujuk data sementara kawal pemilu hingga pukul 20.00 WIB, Prabowo-Gibran meraup 55,78 persen di Bali. Sementara, pasangan capres cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin meraih 6,60 persen. Lalu, duet Ganjar-Mahfud yang notabene jagoan PDIP dapat 37,62 persen di Bali.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Untuk Jawa Tengah, duet Prabowo-Gibran dapat 50,03 persen. Adapun pasangan Ganjar-Mahfud meraup 33,11 persen. Kemudian, pasangan Anies-Muhaimin 16,86 persen.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Selanjutnya, pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu juga unggul telak di Jawa Timur dengan 62,98 persen. Untuk Ganjar-Mahfud meraih 17,47 persen di Jawa Timur. Sementara, Anies-Muhaimin dapat 19,56 persen.

Meski demikian, Prabowo-Gibran juga kalah di sejumlah provinsi seperti Aceh, DKI Jakarta, dan Sumatera Barat. Di tiga provinsi itu, yang jadi pemenang adalah duet Anies-Muhaimin atau Amin.

Di Sumatera Barat, duet Amin dapat 66,81 persen. Sementara, Prabowo-Gibran 30,13 persen, Ganjar-Mahfud 3,06 persen.

Amin juga menang telak di Aceh dengan meraup 78,71 persen. Pasangan Prabowo-Gibran dapat 19,73 persen, dan Ganjar-Mahfud 1,56 persen.

Untuk DKI Jakarta, Amin menang 44,26 persen. Pasangan Prabowo-Gibran 36,56 persen. Lalu, Ganjar-Mahfud 19,18 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya