Viral Surat Suara Sudah Tercoblos di Garut, Bawaslu: Beruntung Segera Ditemukan

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Garut – Viral video yang memperlihatkan temuan surat suara Pemilu Presiden (Pilpres) sudah tercoblos untu pasangan 02 dan 03. Surat suara tercoblos itu ditemukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17, Kampung Rancabolang, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu, 14 Februari 2024.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Video berdurasi dua menit itu dengan cepat menyebar melalui aplikasi WhatsApp. Dalam video itu terlihat ada beberapa surat suara yang sudah tercoblos untuk pasangan 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan 03  Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut keterangan suara dalam video itu, surat suara itu sudah tercoblos sebelum diterima oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS.

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

"Nomor tiga tos dicoblos, nomor dua tos dicoblos, ti pusatnya nya iyeu mah sanes ku KPPS (Nomor tiga sudah tercoblos, nomor dua sudah dicoblos. Ini sudah dari pusat bukan oleh KPPS)," kata salah seorang dalam rekaman video tersebut.

Tak Sudi Dicoret KPU, Irman Gusman Ajukan Sengketa ke MK Minta Pileg DPD di Sumbar Diulang

Terkait itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Garut, Lamlam Masropah membenarkan adanya surat suara pilpres yang sudah tercoblos. Menurut dia, pihak Bawaslu Garut juga langsung melakukan tindakan pasca ditemukan 24 surat suara yang sudah tercoblos.

"Beruntung segera ditemukan dan tidak diberikan kepada pemilih. Dan, memang sudah digolongkan ke dalam surat suara yang rusak," ujar Lamlam, Rabu 14 Februari 2024.

Menurut dia, pihak Bawaslu juga tengah buat Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terkait kerusakan surat suara. Selanjutnya, dituangkan ke dalam laporan hasil pengawasan.

"Kami sedang membuat Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), " kata Lamlam.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Dian Hasanudin yang dikonfirmasi terpisah belum beri keterangan terkait temuan surat suara Pilpres yang tercoblos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya