Kandang Banteng Jateng-Bali Dijebol 02, Ruhut: PDIP Tumbang Tidak Betul

Ruhut Sitompul
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Jakarta - Penghitungan resmi atau real count KPU memperlihatkan pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua paslon rivalnya. Keunggulan Prabowo-Gibran itu juga terjadi di basis suara PDI Perjuangan (PDIP) yang dikenal sebagai kandang banteng.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Data sementara real count KPU, Prabowo-Gibran unggul di basis kandang banteng seperti Jawa Tengah dan Bali.

Menanggapi itu, politikus PDIP Ruhut Sitompul menyindir keunggulan 02 itu karena strategi kehebatan bantuan sosial atau bansos yang dibagikan pemerintahan era Presiden Jokowi.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

"Saya hanya bisa bilang itulah kehebatan bansos. Itu aja. Itu salah satu dan lain-lainnya, karena itu selama kekuasaan dikedepankan, ya begitu lah," kata Ruhut dalam wawancara dengan tvOne, dikutip pada Minggu, 18 Februari 2024.

Dia mengingatkan pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait saat ini merupakan era Reformasi. Kata Ruhut, hukum yang ada di atas bukan kekuasaan di ke depankan. "Eh, baru 1 tahun gak bersama kami. Kan sudah begitu," ujarnya.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Tiga kontestan paslon Pilpres 2024 saat menghadiri debat kelima di JCC, Senayan,

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ruhut pun teringat koleganya Andi Widjayanto dan beberapa figur yang pernah jadi ring dekat Presiden Jokowi. Namun, ia menekankan PDIP tetap sebagai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

"Jagonya menang, betul memang. PDIP tumbang, tidak betul. Kami PDIP tetap partai pemenang," sebut eks Anggota DPR tersebut.

Lebih lanjut, dia menyindir Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai parpol 'anak kesayangan' Jokowi. Dia menyinggung dari data sementara, PSI belum lolos ke DPR. "PSI, lolos ke Senayan? Tidak betul. Masih 2-1 kami yang menang. Hahaha," ujarnya.

Dari data sementara real count KPU, Prabowo-Gibran unggul di Bali dengan meraup 503.673 suara atau 51,78%. Data sementara itu dirilis KPU pada Sabtu, 17 Februari 2024 dengan progress suara masuk 54,01% dari 6.918 tempat pemungutan suara atau TPS.

Dua paslon rival yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dapat 30,781 atau 3,16%. Sementara, paslon yang diusung PDIP yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD 45,06%.

Begitupun di Jawa Tengah yang notabene Ganjar pernah jabat Gubernur dua periode di provinsi tersebut. Dari real count sementara, Ganjar-Mahfud kalah telak dari Prabowo-Gibran di Jawa tengah.

Data sementara di Jawa Tengah itu dengan progress 82,81 persen pada Sabtu semalam, pukul 19.30 WIB Mengutip data itu, Prabowo-Gibran dapat 8.838.313 suara atau 52,17%. Sementara, Ganjar-Mahfud dapat 5.771.403 atau 34,41%. Adapun pasangan AMIN sementara meraup 2.161.666 atau 12,89%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya