Istana: Presiden Jokowi Akan Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR Besok

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Jakarta – Koordinator Staf Khusus Presiden (KSP), Ari Dwipayana membenarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), serta Menteri ATR/BPN pada Rabu, 21 Februari 2024.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara,” kata Ari melalui keterangannya pada Selasa, 20 Februari 2024.

Namun, Ari tidak bisa menyebutkan siapa nama kedua menteri yang akan dilantik Presiden Jokowi tersebut. Beredar isu, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menteri Koordinator Polhukam setelah ditinggalkan oleh Mahfud MD. Saat ini, Menko Polhukam dijabat Tito Karnavian sebagai Plt.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

“Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya,” ujarnya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Selain itu, Ari menambahkan akan ada pengucapan sumpah/janji anggota Komisi Kejaksaan di hadapan Presiden Jokowi yang juga diselenggarakan di Istana Negara.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal akan ada pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu, 21 Februari 2024.

“Besok ditunggu saja jam 10,” kata Jokowi di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa, 20 Februari 2024.

Namun, Jokowi tidak mau menjawab siapa saja yang akan dilantik Menteri Kabinet Indonesia Maju. Beredar isu, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

“Besok dilihat saja jam 10,” ujar Jokowi..

Sementara Bendahara Umum (Bendum) DPP Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengatakan, dirinya mendengar kabar jika Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI.

Pelantikan mantan Panglima TNI itu menjadi Menko Polhukam oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dilakukan pada Rabu, 21 Februari 2024.

Namun, Sahroni tidak menjelaskan lebih detail soal siapa yang akan mengisi posisi menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia.

“Saya dengarnya begitu (Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menko Polhukam), besok dilantik. Terembus kabar Pak Hadi jadi Menko Polhukam," kata Sahroni pada Selasa, 20 Februari 2024.

Menurut Sahroni, dipilihnya Hadi menjadi Menko Polhukam dirasa cocok, karena pengalamannya yang pernah menjadi panglima TNI.  "Tidak salah pilih kalau Pak Hadi jadi Menko Polhukam," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya