Demokrat Usul Ambang Batas Parlemen dan Syarat Pengajuan Capres-cawapres Dihapus Usai Putusan MK

Ilustrasi Partai Demokrat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Partai Demokrat mengusulkan ambang batas parlemen dihapus saja, usai Mahkamah Konstitusi atau MK memutuskan syarat 4 persen diubah pada 2029. Juga mengusulkan syarat pengajuan capres-cawapres dihapus bersamaan.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, mendorong penghapusan syarat ambang batas parlemen tersebut, juga ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold). Usulan Herman itu sebagai bentuk apresiasi pada putusan MK yang mengharuskan PT 4 persen diubah sebelum pelaksanaan Pemilu 2029.

"Sebaiknya penghapusan parliamentary threshold juga dibarengi dengan menghapuskan presidential threshold. Sehingga memberi hak yang sama kepada seluruh warga negara Indonesia untuk dipilih dan memilih tanpa ambang batas," kata Herman dikutip awak media, Jumat, 1 Maret 2024.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Untuk bisa mengajukan capres-cawapres, maka partai politik harus memenuhi suara sekurang-kurangnya 15 persen jumlah kursi di DPR, atau 20 persen suara sah nasional.

Herman menjelaskan, sejatinya awal munculnya syarat PT 4 persen berasal dari perumusan antara pemerintah dan DPR yang diatur dalam UU Pemilu yakni UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Itu dilakukan agar terjadi seleksi penyederhanaan atau pembatasan jumlah partai.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Meski begitu, Herman meyakini MK memiliki argumentasi hukum yang kuat terkait amar putusan ini. Atas putusan itu, DPR akan membuka pembahasan mengenai perubahan syarat PT bersama pemerintah.

"Setelah keputusan ini dipastikan partai-partai akan membahasnya, dan terbuka kemungkinan akan dibahas di DPR," imbuhnya.

Ambang batas parlemen sebesar 4 persen, membuat partai-partai yang suara nasionalnya tidak sampai, tidak bisa melenggang ke DPR RI. Sedangkan ambang batas pengajuan capres-cawapres yakni 20 persen suara sah nasional, membuat partai politik harus berkoalisi untuk memenuhi itu. Pada Pilpres 2024, hanya PDIP yang bisa mengajukan sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya