Ketua MPR Ingatkan Aparat Antisipasi Serangan Balik usai Bekuk Satu Anggota KKB 

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan aparat keamanan yang bertugas di Papua untuk mengantisipasi serangan balik setelah Satgas Operasi Damai Cartenz kembali menangkap satu orang terduga anggota separatisme Papua Merdeka yang terafiliasi kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR, meminta tim gabungan bersama aparat untuk semakin memperkuat patroli serta meningkatkan kewaspadaan setelah adanya penangkapan tersebut.

"Aparat perlu mengantisipasi adanya potensi aksi penyerangan balik dari kelompok separatisme akibat dilumpuhkannya salah satu anggotanya," kata Bamsoet dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

VIVA Militer : Pasukan TNI sisir kelompok bersenjata OPM di Papua (ilustrasi)

Photo :
  • Viva.co.id

Walaupun begitu, Bamsoet tetap mendorong tim gabungan dan aparat untuk terus melakukan pengejaran terhadap anggota separatisme beserta kelompok lainnya yang terlibat dengan mempersempit ruang gerak mereka.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Menurutnya, aparat keamanan perlu terus melakukan penelusuran lokasi-lokasi markas anggota separatisme Papua Merdeka dengan memanfaatkan keterangan hasil interogasi dari anggota yang tertangkap.

"Dengan harapan seluruh markas bersama para anggota separatisme yang ada dapat segera diamankan dan dilakukan penindakan secara hukum," katanya.

Dalam operasi tersebut, Bamsoet juga meminta komitmen aparat keamanan untuk terus memberikan rasa aman dan nyaman di wilayah Papua. Salah satunya dengan memperkuat serta memperbanyak tim pengamanan yang disebar di seluruh wilayah Papua, utamanya di wilayah rawan konflik.

Satgas Nemangkawi TNI/Polri mengendalikan situasi kamtibmas di Boega, Papua.

Photo :
  • ANTARA News Papua/HO-Satgas Humas Ops Nemangkawi

Pada Sabtu, Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz telah menangkap anggota KKB yang diduga kelompok perampas senjata api milik KP3 Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Seorang anggota KKB yang ditangkap berinisial YT alias WT diduga terlibat dalam perampasan senjata api di depan Masjid Al Ikhlas Ilaga, Kompleks Pasar Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, beberapa waktu lalu. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya