Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Kuala Lumpur, KPU: Mudah-mudahan 1-2 Hari Ini Selesai

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jakarta – Perhitungan suara ulang atau PSU untuk Pemilu 2024 Luar Negeri di Kuala Lumpur, Malaysia, telah dilakukan. Sembari menunggu rekapitulasi suara, Komisi Pemilihan Umum menargetkan rekap tersebut selesai dalam sehari atau dua hari ke depan. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik, mengatakan bahwa perhitungan suara di Kuala Lumpur sudah selesai. Hanya saja, kata Idham, komisi tengah memasuki tahap rekapitulasi dan akan segera dirampungkan.

"Ya mudah-mudahan satu dua hari ini selesai," ujar Idham kepada wartawan, Senin 11 Maret 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Iya (target 13 Maret), Kuala Lumpur ya (selesai)," lanjutnya.

Ia menjelaskan, bahwa proses perhitungan suara ulang di Kuala Lumpur itu sudah berlangsung aman dan lancar. Tapi, kata dia, ada sejumlah kendala yakni berupa antusiasme pemilih yang menurun dan izin lokasi kotak suara keliling sempat bermasalah.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Secara umum berjalan lancar di waktu yang terbatas ya, kami mempersiapkan KSK (Kotak Suara Keliling) alhamdulillah semua berjalan lancar secara umum," kata dia.

Diinformasikan bahwa perhitungan suara ulang itu digelar di Kuala Lumpur pada Minggu 10 Maret 2024 kemarin. PSU itu dilaksanakan menggunakan dua metode yakni TPS dan KSK. Ada 22 TPS LN dan 120 KSK.

KPU juga telah mulai tahapan PSU di Kuala Lumpur dengan pemutakhiran daftar pemilih. Total ada DPT yang melaksanakan PSU sebanyak 62.217 pemilih. Kemudian jumlah itu terdiri dari 42.372 orang pemilih TPS LN dan 19.845 orang pemilih KSK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya