Tak Mau Kalah dari Kubu Prabowo, Ganjar-Mahfud Sudah Siapkan Pengacara Hadapi Sengketa Pilpres

Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di acara debat Cawapres 2024
Sumber :
  • Dok Ganjar

Jakarta - Calon wakil presiden atau cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD mengaku pihaknya sudah menyiapkan pengacara untuk menghadapi sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Mahfud mengatakan demikian untuk merespons 36 lawyer yang disiapkan kubu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di sidang MK.

"Ya sudah kita juga sudah menyiapkan. Banyak yang sudah daftar (jadi pengacara Ganjar-Mahfud) itu. Dari berbagai daerah, dari berbagai profesi pengacara," kata Mahfud di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 14 Maret 2024.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Meski begitu, Mahfud enggan mengungkap lebih jauh persiapan gugatan sengketa hasil Pilpres ini. Dia mengaku masih menunggu hasil resmi rekapitulasi nasional yang dtetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Kita menunggu keputusan KPU," jelas Mahfud.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Pidato Prabowo-Gibran Mengawal Suara Rakyat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, kubu pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menyiapkan 36 lawyer profesional untuk menghadapi gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 di MK.

Sejumlah pengacara kondang masuk deretan tim hukum Prabowo-Gibran seperti Yusril Ihza Mahendra, Otto Hasibuan, OC Kaligis dan Fahri Bachmid.

Hal itu disampaikan Wakil Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2024. Yusril bilang deretan pengacara itu merupakan usulan dari parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Strukturnya ada 35-36 lawyer. Dan, sebagian besar adalah lawyer profesional dan beberapa memang adalah nama-nama yang diusulkan parpol koalisi dari Golkar, ada Gerindra, partai-partai lain juga ada," kata Yusril.

Yusril mengaku akan mimpin tim hukum Prabowo-Gibran di MK. Bahkan, Yusril sudah menyusun draf surat kuasa terhadap 36 lawyer tersebut untuk ditandatangani  Prabowo-Gibran. Dari 36 nama itu termasuk Otto Hasibuan dan OC Kaligis sebagai wakil ketua.

"Jadi, yang dimasukkan sebagai ketua tim itu saya karena bidangnya hukum tata negara dan hukum administrasi negara," lanjut Yusril.

Menurut dia, nanti Otto hingga OC Kaligis akan diplot sebagai wakil ketua tim hukum Prabowo-Gibran di MK.

"Dan, wakil ketuanya itu diajukan adalah Pak Otto Hasibuan, wakil ketua juga Pak OC Kaligis, sebagai wakil ketua juga Pak Doktor Fahri Bachmid dari Makassar," kata Yusril.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya