LSI Denny JA: 89,8% Masyarakat Setuju Prabowo-Gibran Menang

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei atas keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI soal penetapan hasil Pemilu 2024. Dalam temuan hasil survei tersebut, sebanyak 89,8 persen masyarakat menyetujui keputusan KPU.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

"Sebesar 89,8 persen menyatakan akan setuju dengan keputusan KPU. Sebesar 9,3 persen menyatakan tidak setuju dengan keputusan KPU. Sebesar 0,9 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab," kata Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam paparannya secara daring, Jumat, 22 Maret 2024.

Ardian menambahkan bahwa hasil sah dari KPU terkait penetapan Pemilu tak jauh berbeda dengan quick count atau hitung cepat dari LSI Denny JA. Ia menyebut hasil quick count mendapat 58,47 persen suara.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

 
"Tapi koalisi partai Prabowo-Gibran yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju belum mayoritas suara di DPR. Perolehan suara di partai Koalisi Indonesia Maju sebesar 43,18 persen. Ini berasal dari Golkar sebesar 15,29 persen, Gerindra 13,22 persen, Demokrat 7,43 persen, PAN 7,24 persen," katanya.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Sementara itu, dilihat dari pilihan partai politik (parpol), responden pemilih Partai Gerindra menjadi yang paling banyak menerima keputusan KPU. Gerindra merupakan partai politik utama pengusung Prabowo-Gibran. 

Di sisi lain, responden yang paling banyak tidak terima akan keputusan KPU ialah pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS), salah satu parpol pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandara.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 1 sampai 15 Maret 2024. Sementara untuk metode sampling yang digunakan ialah multistage random sampling. Responden yang berpartisipasi dalam survei itu sebanyak 1.200 responden.

Pemilu/Ilustrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan survei LSI Denny JA ini dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya