Survei Kandidat Potensial Pilkada Solo Mengerucut pada Tiga Nama, Kaesang Nomor 3

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep kampanye Prabowo-Gibran di Pontianak
Sumber :
  • Dok PSI

Solo - Survei Pemilihan Wali Kota Surakarta 2024 mengerucut pada tiga nama yang dikehendaki oleh masyarakat untuk memimpin Solo, Jawa Tengah.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Pendiri Solo Raya Polling Suwardi di Solo, Jawa Tengah, Selasa mengatakan tiga nama tersebut yakni Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Adipati Mangkunegara X, dan putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep.

Ia mengatakan dari tiga nama tersebut, Teguh Prakosa memiliki elektabilitas paling tinggi mencapai 35,3 persen. Selanjutnya, diikuti nama Adipati Mangkunegara X atau yang akrab disapa dengan Gusti Bhre dengan angka elektabilitas 25,30 persen, dan Kaesang Pangarep dengan angka elektabilitas 12,30 persen.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X

Photo :
  • Fajar Sodik

Ada delapan nama lain yang dianggap lebih layak menjadi wakil wali kota Surakarta, di antaranya putri politikus senior Akbar Tanjung, Sekar Tanjung; putra politisi PDIP Aria Bima, RA Yashinta; Ketua DPRD Kota Surakarta Budi Prasetyo, dan putra politikus FX Hadi Rudyatmo, Rheo Fernandes.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Untuk simulasi satu pasangan calon Pilwalkot Surakarta, yakni pasangan Adipati Mangkunegara X-Teguh Prakosa dan Kaesang Pangarep-Teguh Prakosa.

Dari sisi peta kekuatan politik, dikatakannya, PDIP masih menjadi yang terkuat dengan perolehan 20 kursi. Selanjutnya ada PKS dengan perolehan 7 kursi, PSI 5 kursi, Gerindra 5 kursi, Partai Golkar dengan 3 kursi, PAN 3 kursi, dan PKB dengan perolehan 2 kursi.

Nama-nama tersebut muncul dari hasil survei jajak pendapat calon wali kota Surakarta 2024 yang lakukan sejak 8 Maret. Selanjutnya, data dari anggota tim survei dikumpulkan pada tanggal 17 Maret.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

"Kami menggunakan metode survei populasi penduduk usia dewasa yang terdaftar di DPT pemilu Kota Surakarta 2024. Jumlah DPT pemilu di Surakarta ada 439.009 pemilih. Ini terdistribusi di lima kecamatan di Kota Solo, yakni di Jebres, Banjarsari, Serengan, Laweyan, Pasarkliwon," katanya.

Survei dilakukan di sebanyak 80 lokasi dengan masing-masing titik lokasi survei diambil delapan responden. Total ada 640 responden. Karakteristik responden dari kelompok gender, kelompok usia, keyakinan agama, pekerjaan, status sosial ekonomi rumah tangga, kata pengajar Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta tersebut.

Ia mengatakan dari survei yang sama juga diketahui bahwa kebanyakan masyarakat lebih memilih calon pemimpin yang berlatar belakang pengusaha.

"Dari pengusaha yang memilih ada 25 persen, diikuti politisi 22 persen. Itu dua paling banyak. Sedangkan kalau dari birokrat hanya 5,6 persen dan aparat TNI/Polri 3,1 persen," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya