Gerindra Ragu PDIP Bakal Oposisi, Bambang Pacul: Suka-suka Dia

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto
Sumber :
  • ANTARA/Fauzi Lamboka

Jakarta – Partai Gerindra meragukan keseriusan PDIP bakal mengambil peran menjadi oposisi pada pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Merespons itu, Ketua DPP PDIP, Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) pun tidak mau ambil pusing. Ia mengatakan bukan kapasitas sebagai pengamat politik. Karena itu, Bambang tidak bisa memberikan komentar apapun terhadap pernyataan kubu Partai Gerindra.

"Saya ini bukan pengamat. Saya juga bukan seorang yang dari lembaga survei tapi saya adalah kader partai, saya ini prajurit partai. Jadi kalau kemudian disuruh mengkomentari pendapat orang itu namanya saya pengamat atau penganaslisa atau analis, bukan itu kok saya," kata Bambang Pacul ditanyai wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024. 

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto saat diwawancarai awak media

Photo :
  • DPR RI

Pacul lantas mempersilakan jika Gerindra memiliki pendapat PDIP diragukan menjadi oposisi. Dia enggan menanggapi lebih jauh.

Utut Hadianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

"Bahwa orang lain punya pendapat tentang PDI Perjuangan ya suka-suka dia lah. Ya monggolah," ujarnya.

Yang jelas, kata Bambang Pau, keputusan sikap PDIP beroposisi atau mengambil peran dalam pemerintahan kewenangan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"PDI Perjuangan udah clear. Itu pasti keputusannya hasil keputusan congres, menyerahkan kepada Ketum," imbuhnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan pihaknya tidak yakin PDIP nantinya bakal menjadi oposisi dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. 

Mulanya, Muzani ditanya Golkar yang membuka peluang merevisi Undang-undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3). Dia menanggapi apakah ada kekhawatiran jika kursi Ketua DPR RI dijabat legislator dari PDIP. Sebab, partai berlambang banteng itu berseberangan dan oposisi dengan Gerindra di Pilpres 2024.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yuda Prasetya

Ahmad Muzani kemudian bertanya kepada awak media apakah benar nantinya PDIP bakal beroposisi dengan Prabowo-Gibran.

"PDI oposisi? kata siapa?" tanya Muzani.

Lalu, Wakil Ketua MPR RI itu mengaku tidak yakin nanti PDIP akan beroposisi. Karenanya, ia pun tak masalah jika nantinya PDIP kembali menjabat kursi Ketua DPR RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya