Hasto Bicara Oposisi dan Koalisi, Bagaimana Sikap Politik PDIP?

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto kembali buka suara soal koalisi dan oposisi dalam pemerintahan baru pada periode 2024-2029 mendatang. Ia menegaskan bahwa jika nantinya berada di luar atau di dalam pemerintahan, akan dilakukan demi kepentingan rakyat.

Dipinang Maju Pilkada Jawa Tengah, Raffi Ahmad Keringat Dingin

"Posisinya di dalam ataupun di luar itu kan garis besarnya bagi kepentingan rakyat," kata Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, dikutip Sabtu, 13 April 2024.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
PDIP Melobi Fraksi Partai Lain Galang Dukungan Tolak RUU MK

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengatakan partainya saat ini belum menentukan sikap politik untuk ke depannya, apakah akan tetap berada di dalam koalisi pemerintahan atau menjadi oposisi di luar pemerintahan.

Puan berdalih Presiden-Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka baru akan dilantik pada 20 Oktober 2024. Sehingga, kata dia, PDI Perjuangan enggan terburu-buru menentukan sikap politiknya dalam waktu dekat. 

Didampingi Petinggi PDIP, Ketua Gerindra Jateng Sudaryono Blusukan ke Kudus

"Masih lama (presiden baru dilantiknya). Oktober masih lama, sabar," kata Puan Maharani yang juga Ketua DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis, 4 April 2024. 

Di sisi lain, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco menegaskan bahwa hubungan antara partainya dengan PDIP tak pernah ada perbedaan. Maka itu, Dasco mendukung penuh jika PDIP mendukung kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029 mendatang.

"Rekonsiliasi ya? Saya fikir hubungan antara PDIP dan Gerindra tidak pernah ada perbedaan, sehingga diharuskan rekonsiliasi kami selama ini komunikasi baik,  baik lintas partai maupun parlemen antara PDIP maupun Gerindra," kata Dasco kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 11 April 2024.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Photo :
  • DPR RI

Ia menyebutkan, komunikasi Gerindra dengan partai politik lain berjalan dengan baik. Termasuk, kata Dasco, dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, dia belum bisa menjelaskan lebih lanjut terkait komunikasi pihaknya dengan PKB.

"Saya rasa kalau komunikasi dengan lintas partai kita semua lakukan komunikasi, tidak hanya dengan PKB ya nanti mungkin tunggu waktunya kita sampaikan ke media setelah MK nanti. Ya semua sinyal komunikasi pasti positif enggak ada yang negatif," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya