DPP PKS Masih Godok Nama Anies Baswedan Maju di Pilgub Jakarta

Capres Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.
Sumber :
  • Dok. PKS

Jakarta – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta telah mengusulkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS untuk mengusung kembali Anies Baswedan maju di pilgub DKI Jakarta pada pilkada serentak 2024. Namun, DPP PKS masih menggodok nama Anies Baswedan.

Duet Anies-Kaesang Dianggap Cuma Gimik Politik Ganggu PDIP

Ketua DPP PKS Bidang Humas, Ahmad Mabruri telah menerima usulan dari DPW PKS DKI Jakarta. Ia mengaku masih belum ada keputusan akhir dari PKS sendiri.

"Iya betul DPTW Jakarta sudah memutuskan untuk mengusulkan Anies Baswedan sebagai Bacagub ke DPP. Selanjutnya ada mekanisme di internal. Jadi, kita tunggu keputusan DPP," ujar Mabruri kepada wartawan, Jumat 24 Mei 2024.

Anies Ibaratkan Putusan MA soal Batas Usia seperti Main Catur

Ketua DPP sekaligus Jubir PKS Ahmad Mabruri.

Photo :
  • Dok. PKS

Mabruri menjelaskan bahwa PKS juga tidak hanya menggodok nama Anies Baswedan. Ia menyebut nama lain juga masih menjadi pertimbangan PKS untuk menjadi pemimpin di Jakarta.

Kata Anies soal Duet dengan Kaesang: Lebih Penting Bahas Kampung Bayam

"Pemilu kemarin kan Alhamdulillah PKS diamanahkan menjadi partai pemenang di Jakarta. Tentu ada harapan agar dapat mengajukan kadernya untuk mengisi kursi Gubernur Jakarta," kata dia.

Mabruri menyampaikan komunikasi dengan partai lain untuk membangun koalisi menuju Pilkada Jakarta juga terus berjalan.

"Yang jelas PKS tidak bisa sendirian, harus bermitra. Makanya komunikasi dengan partai-partai lain juga terus berjalan. Kita ingin munculkan yang terbaik untuk warga Jakarta", pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta mengaku siap mengusung Anies Baswedan untuk berkontestasi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Sekretaris DPW PKS, Abdul Aziz, mengatakan hal itu sudah sesuai dengan aspirasi kader dan simpatisan PKS di DKI Jakarta.

"Iya, iya, kami menampung aspirasi dari bawah. Sehingga ada masukan-masukan bahwa kader menginginkan kembali Pak Anies menjadi gubernur dicalonkan kembali oleh PKS. Kami tampung itu dan kami informasikan ke DPP," kata Aziz kepada wartawan, Kamis, 23 Mei 2024.

Ia menambahkan nama Anies sudah masuk di dalam surat rekomendasi yang dikirimkan ke DPP PKS pada Rabu, 22 Mei 2024.

"Jadi kita hanya bersurat ke DPP, nanti DPP yang akan memverifikasi," ujar dia.

Kendati demikian, DPW PKS DKI Jakarta tak hanya mengirimkan nama Anies Baswedan sebagai Bacagub DKI Jakarta. Aziz menyebut ada tiga nama internal PKS yang juga dijagokan untuk maju Pilgub DKI.

Ketiganya ada Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin dan mantan Presiden PKS Sohibul Iman.

"Jadi, ada kemarin nama tiga nama internal dan ditambah nama Pak Anies," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya