Arah Politik PDIP Tak Diumumkan di Rakernas, Megawati: Gue Mainin Dulu Dong

Megawati Soekarno Putri dalam Hari Ketiga Rakernas V PDI Perjuangan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, tidak mengumumkan arah politik partai di periode 2024-2029 pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang digelar di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26 Mei 2024.

Trauma Dibentak Penyidik KPK Buat Staf Hasto PDIP Minta Ditunda Pemeriksaan

Megawati meminta kepada seluruh kader PDIP untuk disiplin berada di bawah komandonya.

"Maka, sikap politik PDI Perjuangan didasarkan pada pemikiran, mana yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat dan lebih berdiri di atas kaki sendiri, itu lah landasan pilihan sikap politik kita," kata Megawati.

Budi Arie Kasih Sinyal Bakal Ada Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi

Megawati Soekarno Putri dalam Hari Ketiga Rakernas V PDI Perjuangan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Makanya kalau gak ada yang ikut, gak berdisiplin dan tahu toh, ibu mau ngapain? Nah," katanya menambahkan.

Bambang Pacul Sebut Irjen Ahmad Luthfi Belum Lobi PDIP Buat Maju Pilgub Jateng

Presiden RI ke-5 itu mengatakan, harus ada kalkulasi politik terkait sikap yang nantinya diambil PDIP untuk bergabung ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atau menjadi oposisi.

"Kan harus dihitung secara politik lho. Enak saja, ini kan wartawan paling tungguin Iki. Sikap dari rakernas, tadi pagi saya baca Kompas, akan menentukan sikap blablabla, haha, aku sambil sarapan gitu kan, aku bilang, haha, enak saja. Gue mainin dulu dong," ucap dia.

Megawati kemudian meminta kepada kader PDIP untuk terus turun dan membantu rakyat. 

Sebelumnya, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP menghasilkan sejumlah rekomendasi eksternal terkait sikap politik PDIP ke depannya. Salah satunya, yaitu pentingnya fungsi kontrol dalam peningkatan kualitas demokrasi Indonesia.

"Rakernas V Partai menilai untuk meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia memerlukan fungsi kontrol dan penyeimbang atau checks and balances. Pada saat bersamaan, salah satu tujuan partai politik adalah untuk mendapatkan kekuasaan secara konstitusional melalui Pemilu," ujar Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

Maka itu, kata Puan, Rakernas V mendorong fraksi PDIP DPR agar mendorong kebijakan legislasi untuk meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia.

"Rakernas V Partai merekomendasikan kepada Fraksi PDI Perjuangan DPR RI agar mendorong kebijakan legislasi bagi peningkatan kualitas demokrasi Pancasila, untuk penguatan pelembagaan partai, dan mendorong perlakuan setara dan adil antara partai politik yang berada di dalam pemerintahan dan yang berada di luar pemerintahan," ujarnya.

Puan Maharani dalam Rakernas V PDI Perjuangan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Puan menambahkan, hasil rekomendasi Rakernas partai juga mendorong seluruh elemen bangsa untuk menjaga dan mewujudkan cita-cita reformasi, khususnya pelembagaan demokrasi yang berkedaulatan rakyat, pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dan penguatan pers dan masyarakat sipil.

Rakernas V Partai setelah mendengarkan suara arus bawah dari anak ranting, ranting hingga pengurus anak cabang partai, dan sebagai konsistensi sikap menjaga demokrasi, merekomendasikan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan untuk hanya melakukan kerja sama dan komunikasi politik dengan pihak-pihak yang memiliki komitmen tinggi di dalam menjamin pelaksanaan agenda reformasi, penguatan supremasi hukum, dan sistem meritokrasi, seta peningkatan kualitas demokrasi yang berkedaulatan rakyat gun peningkatan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya