Lewat Buku, Gus Choi Ungkap Pemecatannya

Effendy Choirie
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKB, Effendy Choirie, meluncurkan buku berjudul 'Istiqamah Bersama Rakyat' di DPR RI, Jakarta, Rabu, 27 April 2011. Meski tak menulis sendiri, penulis buku ini, Herryanto Prabowo, merangkum kesaksian Choirie mengenai pemecatan dirinya dari partai dan pencopotan jabatannya sebagai anggota DPR RI.

Dalam jumpa pers peluncuran buku tersebut, Gus Choi--demikian nama akrabnya--menyampaikan bahwa persoalan dirinya dan Muhaimin hanya soal perbedaan pandangan. "Urusan saya dengan dia (Muhaimin) ini kan hanya perbedaan pendapat," kata dia.

Menurut Choirie, perbedaan pandangan seperti itu mestinya dianggap lumrah. "Gus Dur ketika memimpin partai, kami ini boleh berbeda lho," kata dia. "Dalam ajaran agama, kalau Anda membenci sesorang, janganlah kebencian itu membabi buta karena siapa tahu suatu saat orang itu menjadi kawan kita."

Sentul City Serah Terima Unit Hunian Lebih Cepat, Jaga Kepuasan Konsumen

Ia menuding kebijakan partai yang digariskan Muhaimin cs. terlalu mengacu pada kepentingan kekuasaan semata. Menurut dia, faktor ini yang membuat dia kerap berseberangan pendapat.

"Muhaimin sebagai ketua umum punya ijtihad, silakan. Saya tidak bisa menghalangi. Tapi, saya akan tetap mengkritisi," kata Choirie. (kd)

Dirjen Ingin Petugas Imigrasi RI juga 'Ngantor' di Bandara Saudi saat Kepulangan Jemaah Haji
Pelayanan pengisian bahan bakar Avtur di Bandara Kualanamu.(istimewa/VIVA)

Pertamina Sumbagut Jamin Ketersediaan Avtur Cukup dan Aman Selama Penerbangan Haji

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan ketersediaan avtur di Bandara Kualanamu, di Kabupaten Deliserdang dalam stok aman.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024