Century Tak Tuntas, Sri Mulyani Sulit Nyapres

Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Umum Partai Nasional Republik, Yus Usman Sumanegara mengatakan Sri Mulyani akan sulit bersaing dalam pencalonan presiden pada pemilu 2014 mendatang. Pasalnya, skandal Bank Century yang belum kelar akan menjadi sandungan terbesar bekas menteri keuangan itu.

"Jadi, kalau kasus Century ini belum tuntas sulit untuk dapat dukungan rakyat," kata Yus Usman, Rabu 3 Agustus 2011.

Menurut dia, untuk mengatasi potensi hambatan itu, Sri Mulyani terlebih dahulu harus berterus terang dan membuka kebenaran kasus Century.

"Sehingga rakyat akan tahu posisi Sri Mulyani yang sebenarnya dalam kasus Century," kata Yus Usman.

Hari ini, partai yang akan mengusung Sri Mulyani dalam pilpres mendatang, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) didaftarkan ke kementerian Hukum dan Ham. Partai ini, akan mengusung Sri Mulyani sebagai capresnya.

Yus Usman menambahkan, partainya tak khawatir dengan pendaftaran partai SRI ini. Meskipun sama-sama partai baru, menurutnya, setiap partai punya pendukungnya masing-masing.

"Partai Nasional Republik punya entitas politik sendiri yaitu ingin merespon keinginan rakyat yang merindukan keberhasilan dan kejayaan era kepemimpinan pak Harto. Jadi no problem dengan hadirnya SRI," ujar Yus Usman.

Sri Mulyani sendiri menjadi salah satu nama yang diusulkan untuk diperiksa penegak hukum. Keputusan itu tertuang dalam opsi C yang diputuskan Pansus Century. Komisi Pemberantasan Korupsi sudah melakukan pemeriksaan terhadap Sri Mulyani di kantornya. Namun, penanganan skandal ini masih belum jelas hingga saat ini.

Sementara itu, Sri Mulyani sendiri menyatakan sebagai Kepala Stabilitas Sektor Keuangan harus mengambil langkah penyelamatan Bank Century karena memang dalam kondisi krisis.

"Tapi kan tidak terjadi, itu tidak ada. Kalau memang tidak sempurna, ada surat, ada informasi yang dilihat 1,5 tahun kemudian ada pelanggaran administrasi, ada keteledoran, kealfaan, tapi kan itu juga bukan dosa besar," kata Sri di Mulyani Jakarta, Rabu 24 Februari 2010. (eh)

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024