Busyro: Fahri Ingin Bubarkan KPK, Kami Tunggu

Ketua KPK Busyro Muqadas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas 'menantang' Wakil Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR Fahri Hamzah untuk membubarkan KPK. Bila niat Fahri serius untuk membubarkan KPK, Busyro siap menghadapi.

"Bila Pak Fahri mempunyai agenda pembubaran KPK, kami tunggu saja lewat Fraksi PKS dan sebagainya. Lewat jalur hukum. Kami hanya melaksanakan amanat saja," kata Busyro Muqoddas di sela rapat bersama pimpinan DPR, Jakarta, Senin 3 Oktober 2011.

Menurut Busyro, pimpinan KPK hanya menjalankan amanat untuk memberantasan korupsi. Tidak ada agenda lain, apalagi disebut memiliki agenda politik dalam setiap menangani kasus. "Kami tidak punya agenda politik. Kami tidak bisa diintervensi," kata Busyro.

Pernyataan Busyro ini menanggapi pernyataan Fahri yang menyebut bahwa dirinyalah yang menginginkan pembubaran KPK. Fahri menilai KPK merupakan lembaga yang superbody.

"Lebih baik KPK dibubarkan, karena saya tidak percaya institusi superbody dalam demokrasi. Tidak boleh ada institusi superbody dalam demokrasi," kata Fahri politisi dari Fraksi PKS.

Fahri menilai, biasanya lembaga yang superbody itu tidak mau diawasi. Dan kondisi itu terjadi di KPK. "Ini yang terjadi di KPK, karena sistemnya tertutup jadi begini," kata Fahri. Sistem tertutup itu kerap terjadi di Kejaksaan dan Kepolisian.

Fahri mensinyalir, tertutupnya proses penegakan hukum bisa menimbulkan kongkalikong antara KPK dan mereka yang diperiksa. "Ketertutupan proses penegakan hukum yang menyebabkan hanky-panky (kongkalikong)," kata Fahri. (eh)

Demi Ongkosi SYL ke Brasil, Dirjen Kementan Bela-belain Sunat Anggaran
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi Mau Contoh Singapura dan Jepang agar Jakarta Punya TPA Lumpur

Penjabat Gubernur DKI Jakarta menyebut Jakarta tak memiliki lahan untuk tempat pembuangan sampah di daratan, maka ia mengusulkan agar TPA untuk lumpur sedimen.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024