PPP Tak Larang Pencalegan Sekeluarga

Sekjen PPP Romahurmuziy perhatikan Hasrul Azwar
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Sekertaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengatakan, bahwa partainya tak membatasi hak siapapun untuk menjadi calon anggota legislatigf (caleg), termasuk yang memiliki hubungan keluarga.

Menurut Romi -sapaan Romahurmuziy-, tidak dilarangnya caleg dengan hubungan keluarga ini tidak akan mengurangi komitmen anti-KKN (korupsi, kolusi, nepotisme).

"PPP tidak melarang pencalegan kader-kadernya yang berhubungan keluarga, baik hubungan darah ataupun pertalian suami-istri," ujar Romi dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Kamis 10 Januari 2013.

Romi mengatakan, hal itu sesuai dengan Pasal 25 kovenan PBB tentang hak sipil dan politik yang telah diratifikasi sebagai Undang-Undang 12 tahun 2005 tentang Pengesahan International Covenant on Civil dan Political Rights.

Dalam Undang-Undang itu disebutkan, bahwa setiap warga negara mempunyai hak untuk ikut serta dalam penyelenggaraan urusan publik, untuk memilih dan dipilih, serta mempunyai akses berdasarkan persyaratan umum yamg sama pada jabatan publik di negaranya.

"Karena kelahiran, perjodohan, dan kematian dalam Islam adalah rahasia Allah SWT, maka PPP tidak akan membatasi hak dipilih seorang individu," kata Romi.

Oleh karena itu, lanjut Romi, tentu tidak tepat jika suatu hal yang sudah menjadi anugerah dari Tuhan itu menjadi dasar partai untuk melarang siapapun menjadi caleg.

Mengenai fungsi ganda perempuan baik fungsi publik maupun domestik, yaitu dalam karir maupun keluarga akan tergantung pada kesepakatan suami dan istri. Partai, kata Romi, tidak perlu institusi mengatur hubungan privasi ini.

"Tidak dilarangnya caleg suami-istri, tidak mengurangi komitmen PPP terhadap semangat anti-KKN, yang penting, peletakan dapil, tingkatan DPR/DPRD, dan penomorannya, tetap mematuhi prinsip kombinasi kedudukan struktural kader, dedikasi atas penugasan bakal caleg, loyalitas, dan elektabilitas. Jadi bukan karena suaminya si anu, atau istrinya si itu," katanya menandaskan. (eh)

Sentul City Serah Terima Unit Hunian Lebih Cepat, Jaga Kepuasan Konsumen
Pelayanan pengisian bahan bakar Avtur di Bandara Kualanamu.(istimewa/VIVA)

Pertamina Sumbagut Jamin Ketersediaan Avtur Cukup dan Aman Selama Penerbangan Haji

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan ketersediaan avtur di Bandara Kualanamu, di Kabupaten Deliserdang dalam stok aman.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024