Demokrat Siapkan Lebih dari 100 Calon untuk 269 Pilkada

SBY kampanye Partai Demokrat.
Sumber :
  • Biro Pers Istana/Abror Rizki
VIVA.co.id - Partai Demokrat tengah menyeleksi kader-kadernya untuk diajukan sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah dalam pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Proses seleksi kini mencapai tahap akhir, yakni tahap wawancara.
Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, tahapan seleksi wawancara terhadap seluruh kandidat selesai pada 15 Juli 2015. Hasil seleksi itu segera diumumkan lalu didaftarkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota/kabupaten yang menggelar pilkada.
DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

Hinca memperkirakan seratus lebih kader Partai Demokrat yang berlaga dalam 269 pilkada kota/kabupaten se-Indonesia. Namun dia menolak menyebutkan secara detail nama-nama kader itu karena masih menunggu hasil seleksi tahap akhir.
SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon

Partai Demokrat, katanya, juga tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lain di daerah. Nama-nama kandidat partai lain yang didukung Partai Demokrat akan diumumkan menjelang batas akhir pendaftaran kandidat calon kepala daerah ke KPU kota/kabupaten pada 26 Juli 2015.

"Untuk kandidat dari partai lain yang kami dukung, pengumumannya memang agak lama, karena ada proses tarik-menarik yang lama pula untuk menentukan konfigurasi yang Partai Demokrat bentuk dengan partai lain," ujar Hinca kepada wartawan di Jakarta pada Minggu, 12 Juli 2015.

Dia menjelaskan, rangkaian proses seleksi calon kepala daerah yang dilakukan  Partai Demokrat dalam telah hampir selesai. Pada pekan depan, Komite Pemenangan Pilkada Partai Demokrat melangsungkan tahap wawancara terhadap seluruh kandidat calon kepala daerah yang mendaftar. Sejak dua-tiga bulan lalu, Partai telah melangsungkan tahap seleksi mulai tingkat kota/kabupaten, provinsi hingga pusat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya