Ruhut Mengaku Diutus SBY Hadiri HUT RI di Istana

Ruhut Sitompul
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak hadir saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin, 17 Agustus 2015. Dia mengutus Ruhut Sitompul untuk mewakilinya.
Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

"Beliau meng-SMS (pesan singkat) saya sebagai koordinator jubir (juru bicara). Beliau menyampaikan karena ada pekerjaan yang memang sudah dijadwalkan rekan-rekan yang ada di Yogyakarta, sekarang beliau di Pacitan merayakan hari Proklamasi," kata Ruhut di Istana Kepresidenan.
DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

Selain itu, Ruhut juga hadir dalam upacara itu sebagai anggota DPR/MPR RI. Meski tak hadir di Istana, kata Ruhut, SBY menyampaikan bahwa dia tetap mendukung Presiden Joko Widodo, termasuk soal perombakan kabinet atau reshuffle.
SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon

"Semua untuk kebaikan bangsa dan negara ini, Pak SBY mendukung," katanya.

Menurut Ruhut, SBY tak bisa hadir dalam perayaan HUT RI karena jadwalnya yang sangat padat. Selama ini, SBY bertugas sebagai pembicara di beberapa negara. Maklum sekarang dia menjabat sebagai Presiden Global Green Growth Institute (GGGI).

"Kembali (ke Indonesia) sudah dijadwalkan di Yogyakarta dan Pacitan. Tapi tidak usah khawatir komunikasi sangat baik antara SBY dengan Pak Jokowi," ujarnya.

SBY pun berkomitmen mendukung kebijakan Jokowi jika hal itu baik untuk masyarakat. Jika tidak, Partai Demokrat akan mengkritiknya namun juga dengan memberikan solusi. "Bapak (SBY) berpesan, kita kawal terus Pak Jokowi sampai selesai 2019. Jadi enggak ada masalah," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya