Hanura Bantah Sudah Putuskan Dukung Ahok

DR. Ir. Nurdin Tampubolon
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Hanura, Nurdin Tampubolon, menegaskan bahwa partainya belum memutuskan arah dukungan terhadap salah satu bakal calon gubernur DKI di Pilkada 2017. Termasuk belum adanya dukungan Hanura terhadap bakal calon gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Eko 'Patrio' Pupuskan Harapan Ahok Soal Dukungan PAN

"Nanti, suatu saat akan kami umumkan. Saatnya nanti kami umumkan, sekarang masih banyak simpang siur," kata Nurdin Tampubolon di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 18 Maret 2016.

Hal tersebut disampaikannya menyusul pernyataan Basuki Tjahaja Purnama bahwa Partai Hanura sudah menawarkan dukungan kepadanya untuk maju di Pilkada DKI mendatang. Namun Ahok sendiri sudah menyatakan bakal maju melalui jalur independen.

PAN Buka Peluang Usung Ahok

Nurdin mengatakan, kandidat yang didukung partai juga harus melalui mekanisme di Hanura. Hal tersebut adalah hasil keputusan kolektif.

"Ini bukan masalah instruksi ketua umum atau tidak. Ini instruksi partai karena karena demokratis. Jadi Partai Hanura sesuai nama mengikuti hati nurani dan demokrasi dalam mengakomodir keinginan rakyat," kata Nurdin.

Nilai Plus Ahok di Mata Mendagri

Dalam menyiapkan calon, Anggota Komisi XI ini melanjutkan bahwa Partai Hanura juga tengah mencermati wacana dalam revisi Undang-Undang Pilkada. Salah satunya adalah keinginan agar syarat calon kepala daerah dari independen diperberat. Diharapkan Hanura pembahasan revisi UU tersebut bisa komprehensif.
 
"Itu masih dalam pembahasan-pembahasan dengan partai dan fraksi nanti akan kami umumkan," kata Nurdin soal posisi Hanura terkait revisi UU Pilkada. (ase)

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Mulfachri: Ahok Tidak Favorit di PAN

"Di tempat lain boleh saja."

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2016