PDIP Bantah Dukung Budi Gunawan Jadi Calon Kapolri Lagi

Wakil Kepala Polri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan. Budi tengah diusulkan menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Nama Komisaris Jenderal Budi Gunawan (BG) kembali muncul sebagai kandidat Kepala Kepolisian RI, untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti, yang akan pensiun. Namun, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di DPR berharap jangan ada lagi polemik soal pencalonan BG itu, walau sempat dinyatakan KPK sebagai tersangka kasus “rekening gendut.”

Budi Gunawan Janji Jadikan BIN Makin Profesional

Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, menilai kasus rekening mencurigakan tersebut sudah selesai. Penunjukan BG jadi Kapolri, kata dia, seharusnya tidak akan menyebabkan gaduh lagi.

"Enggak ada masalahlah, sudah clear kan itu," kata Masinton saat dihubungi pada Jumat 3 Juni 2016.

Badrodin Akui Polri Tak Solid saat Awal Kepemimpinannya

Namun Masinton membantah jika partainya akan mendukung BG sebagai calon kapolri. PDIP kata dia menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

“Jadi presiden mengusung siapa, ya PDIP pasti akan dukung," ujarnya.

Budi Gunawan Temui Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Dia melanjutkan, saat ini Presiden tinggal menentukan nama yang layak dari daftar yang diajukan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Nama calon kapolri yang diajukan Presiden Jokowi ke Parlemen kemudian akan diuji kepatutan dan kelayakannya di Komisi III.

"Tinggal Presiden saja, terserah Presiden," kata Masinton.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya