Istana: Sebelum Badrodin Pensiun, Penggantinya Diputuskan

Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sekretaris Kabinet Pramono Anung meminta publik tidak perlu khawatir jabatan Kapolri akan kosong setelah ditinggal pensiun Jenderal Badrodin Haiti. Sebab, Presiden Jokowi akan segera menentukan penggantinya pada waktu yang tepat.

Rencana Cakapolri Buat Pam Swakarsa Ditolak, DPR: Ganti Nama Saja

"Jadi sebelum berakhirnya jabatan atau pensiunnya Pak Badrodin, akan sudah diputuskan," kata Pramono di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 9 Juni 2016.

Meski demikian, Pramono mengakui bahwa Jokowi memang belum memutuskan siapa pengganti Badrodin hingga saat ini. Padahal sudah ada usulan-usulan dari sejumlah pihak.

Jokowi Lantik Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Sebelum 30 Januari

"Apakah itu dari Polri sendiri, melalui Wanjakti, Kompolnas, masyarakat dan juga para pembantu Presiden," kata dia lagi.

Menurut menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, mantan Wali Kota Solo itu sangat berhati-hati dalam memilih nama-nama calon Kapolri. Selain itu, Jokowi juga tak ingin buru-buru karena masih mempunyai waktu sebelum menyerahkan nama ke DPR.

Jalankan Visi Misi Komjen Listyo, Polda Metro Siapkan 100 E-TLE

"Presiden mempunyai beberapa pilihan, salah satunya adalah, perpanjangan (jabatan Kapolri) atau tidak. Menunjuk langsung dan lain sebagainya," ujar Pramono.

Mengenai rekomendasi nama-nama yang diajukan oleh Kompolnas, lanjut Pramono, semua tergantung Jokowi. Alasannya, tidak selalu usulan Kompolnas menjadi acuan atau pegangan utama.

"Karena bapak Presiden bisa juga mengambil nama yang bukan diusulkan Kompolnas," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya